Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

Ilustrasi cuaca panas
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA – Panas ekstrem menimbulkan risiko kesehatan bagi semua orang dan ini merupakan tantangan tersendiri untuk anak-anak yang senang berada di luar ruangan pada musim panas. Anak-anak kecil sangat berisiko terkena cuaca panas, namun para ahli mengatakan mereka masih bisa bermain dengan aman, jika orang tua mengikuti beberapa aturan.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Suhu ekstrem dapat menyebabkan tekanan berbahaya pada jantung, ginjal, dan organ lainnya, serta kelembapan dan dehidrasi dapat menambah risikonya. Orang juga dapat mengalami luka bakar dari trotoar dan permukaan lainnya, termasuk peralatan bermain.

Ilustrasi cuaca panas.

Photo :
  • Pixabay
Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Ada beberapa faktor yang membuat anak-anak berisiko terkena panas, mulai dari karakteristik fisik hingga kemungkinan mereka tidak terbiasa memperhatikan tanda-tanda kelelahan akibat panas. Satu aturan dasar yang perlu diingat adalah semakin muda usia mereka, semakin hati-hati mereka harus diawasi.

Langkah penting dan sederhana ini dapat membantu anak-anak terhindar dari bahaya panas saat bermain di luar. Mulai dari, berikan anak minum, sedikit tapi sering agar mencukupi kebutuhannya. Perhatikan saat anak-anak mengalami sakit kepala, pusing, atau lesu karena panas perlu melakukan pendinginan dengan cepat, salah satunya dengan minum air yang cukup.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Selain itu, usahakan agar mandi air dingin sebelum dan sesudah bermain. Mandi selama 10 menit dapat secara efektif menurunkan suhu internal tubuh Anda. Jika Anda berada dalam situasi di mana Anda kehilangan listrik dan tidak memiliki AC, itulah salah satu cara untuk melakukannya, kata Ashley Ward, direktur Pusat Inovasi Kebijakan Panas di Duke University.

Ashley Ward dan para ahli lainnya juga mengatakan merendam kaki dalam air dingin adalah cara cepat lainnya untuk menurunkan suhu inti tubuh. Dia juga mencatat bahwa memasukkan lengan Anda ke dalam air melewati siku telah terbukti membantu meredam hawa panas dari tubuh.

Anak-anak harus minum air sebelum mereka keluar. Secara umum, ketika remaja aktif di luar ruangan, mereka harus sering minum air setiap 20 menit dan anak-anak yang lebih besar harus minum hingga satu liter atau lebih setiap jam, menurut pedoman dari the Akademi Pediatri Amerika.

Ia juga menganjurkan agar cari tempat teduh saat bermain. Idealnya, ruangan ber-AC adalah yang terbaik. Salah satu tempat yang cocok buat si kecil adalah di pusat perbelanjaan yang dipenuhi penyejuk ruangan. Berkaca dari saran tersebut, The LEGO Group menghadirkan rangkaian acara menarik LEGO Play On Fest di sejumlah mal yang tersebar di Jakarta.

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Pexels/Cottonbro

Dimulai dari 2 September hingga November 2023, keluarga Indonesia dapat berkumpul dan berpartisipasi dalam dunia permainan kreatif bertema Fantasy dan Vehicles. Selama 3 bulan tersebut, kegiatan ini akan menyelenggarakan program-program menarik setiap akhir pekan dan menampilkan kolaborasi dengan influencer lintas industri kreatif antara lain Naura Ayu, Frost Diamond, and Irene Suwandi. 

Rohan Mathur, Marketing Director, South East Asia, The LEGO Group mengatakan bahwa sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan kami untuk berbagi manfaat transformatif melalui bermain dan merayakan dunia kreatif Indonesia, pihaknya sangat senang mengumumkan peluncuran kampanye LEGO Play On, yang diselenggarakan bertepatan dengan LEGO Play On Fest. 

Rangkaian acara yang berfokus pada berbagai bidang minat kreatif akan berfungsi sebagai platform untuk menginspirasi anak-anak dalam mengeksplorasi kemungkinan tak terbatas dari imajinasi mereka melalui kegembiraan bermain LEGO. Pada 2 - 17 September 2023, Main Atrium Senayan City sudah memulai seri pertama untuk mendorong anak-anak bermain dalam serangkaian kegiatan bertema musik, kegiatan bermain, dan kesempatan berfoto.

Menitikberatkan pada gaming, Promotion Atrium MKG 5 Summarecon Mal Kelapa Gading akan menjadi rumah bagi LEGO Play On Fest berikutnya dari 19 Oktober - 5 November 2023. Puncak dari LEGO Play On Fest berfokus pada Seni dan akan diadakan di Lippo Mall Puri (Atrium Lippo Mall Puri 2) dari 9 - 26 November 2023.

"Kami sama-sama bersemangat untuk berkolaborasi dan mendukung influencer dari berbagai industri, bekerja sama untuk menyalakan percikan kreativitas melalui permainan mengasyikan yang dekat dengan hati generasi muda," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya