Tips Hindari Panas Dalam di Musim Pancaroba

Ilustrasi minuman dingin
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Cuaca ekstrem yang sering berganti dalam waktu singkat, cenderung memicu banyak masalah kesehatan. Panas dalam, biasanya menjadi salah satu kondisi yang rentan menjangkiti tubuh di saat musim pancaroba.

Catat Ramuan Herbal Atasi Perut Kembung dan Panas Dalam

Tubuh biasanya rentan alami panas dalam saat cuaca sedang alami perubahan yang sangat cepat dan ekstrem. Hal ini terjadi, akibat tubuh yang cenderung alami dehidrasi sehingga imun tubuh cepat menurun.

"Dua faktor pemicu panas dalam saat pancaroba yaitu lingkungan yang cuacanya berubah cepat dan imun menurun. Imun menurun ini bisa disebabkan banyak hal, seperti tubuh yang dehidrasi dan makan makanan kurang bergizi," ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Laurentius Aswin Pramono, SpPD, M.Epid, di Forum Ngobras bersama Larutan Cap Kaki Tiga dalam acara diskusi media bertajuk “Cegah Panas Dalam di Musim Pancaroba”, di kawasan Gondangdia, Jakarta, Senin 2 Oktober.

Buka Puasa Langsung Makan Gorengan Bisa Bikin Panas Dalam, Begini Anjuran Dokter

Aswin menambahkan, untuk mencegah dehidrasi, tiap individu dianjurkan konsumsi air mineral sebanyak 2 liter per hari. Sehingga, kecukupan cairan ini dapat melancarkan metabolisme tubuh agar imunitas tetap bertahan baik.

"Selain itu, tubuh butuh yang namanya vitamin dan mineral. Vitamin c serta mineral dari gypsum fibrosum dan calcitum, dalam kandungan sebuah minuman, sebaiknya juga dikonsumsi untuk memberikan kebutuhan tubuh," paparnya.

Waspada Musim Pancaroba, Begini Cara Tetap Sehat Saat Berpuasa

Selain itu, Aswin menegaskan agar antisipasi cuaca ekstrem dengan perlindungan yang juga ekstra melalui pakaian yang cukup tebal saat keluar rumah. Tidak hanya itu, pemberian vaksin influenza juga dibutuhkan agar pencegahan maupun pengobatan panas dalam, dapat berjalan dengan lebih cepat.

"Olahraga yang rajin juga dapat memicu tubuh tetap bugar. Selain itu, meski virus panas dalam tidak spesifik, tapi seringnya dipicu oleh virus influenza. Maka pengobatannya melalui vaksin influenza di usia berapa saja, anak-anak, dewasa, atau juga lansia," ujarnya.
 

Pemudik Mulai Tiba di Stasiun Kejaksan Kota Cirebon (ilustrasi)

Imbauan PB IDI Agar Mudik dan Liburan Tetap Sehat di Musim Pancaroba

PB IDI mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan lakukan sejumlah persiapan dan pencegahan sebelum perjalanan baik liburan ataupun lainnya di musim pancaroba

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024