Apa yang Harus Dilakukan untuk Redakan Cegukan?

Cegukan.
Sumber :

VIVA – Cegukan merupakan hal misterius, karena datang tanpa penyebab yang jelas, dan muncul beberapa saat, kemudian hilang lagi dengan cepat.

Penyebab Cegukan dan Cara Gampang Mengatasinya

Fungsi tubuh yang aneh ini disebabkan oleh diafragma yang tanpa sengaja berkontraksi, yang mengakibatkan celah suara, saluran terbuka antara pita suara, menutup dengan cepat, kemudian menjadi sumber suara aneh.

Kontraksi diafragma tanpa sengaja ini terjadi ketika saraf terganggu atau rusak. Meskipun terkadang cegukan datang dan pergi tanpa penyebab jelas, ada beberapa penyebabnya.

10 Cara Atasi Cegukan, Nomor 7 Paling Banyak Dilakukan

Episode cegukan bisa dipicu oleh sejumlah hal, yang meliputi makan terlalu banyak atau terlalu cepat, minum alkohol atau bersoda, merokok, dan perubahan suhu mendadak.

Selain itu, rekasi periode reaksi emosional yang intens seperti kesenangan, stres, atau ketakutan juga bisa menjadi penyebabnya, jadi Anda hanya perlu tenang.

Lima Cara Tak Biasa Namun Cepat Hilangkan Cegukan

Jika Anda mendadak mengalami cegukan dan tidak sabar untuk menunggunya hilang sendiri, berikut beberapa tips jitu untuk menyembuhkannya seperti dilansir dari laman The Independent.

1. Bernapas dengan kantung kertas
2. Tarik lutut Anda ke atas hingga dada dan miringkan badan ke depan
3. Menyeruput air dingin dengan es batu
4. Menelan gula pasir
5. Menggigit lemon atau menjilat cuka
6. Menahan napas selama beberapa waktu

Namun, jika cegukan Anda tidak juga reda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kalau cegukan tidak hilang lebih dari 48 jam. Atau, cegukan yang datang dan pergi sangat sering hingga mengganggu kehidupan Anda.

Cegukan yang tak hilang sangat jarang terjadi, tapi bisa juga menjadi gejala dari kondisi yang serius, mulai dari masalah pernapasan, hingga gangguan kardiovaskular, atau masalah dengan sistem pencernaan Anda.

Cegukan tidak hilang juga bisa berkaitan dengan tipe pengobatan tertentu yang Anda jalani, termasuk benzodiazepines.

Lantas bagaimana dengan anak-anak? Bayi di bawah satu tahun rentan mengalami cegukan, yang biasanya disebabkan oleh pemberian makan. Namun, biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena kemungkinan kecil mempengaruhi pernapasannya.

Kebanyakan cegukan akan hilang sama halnya dengan orang dewasa, tapi jika orangtua tidak ingin menunggunya berhenti, mereka bisa membuat bayinya bersendawa atau memberinya dumi untuk menghilangkannya.

Tapi, jika cegukan bayi tidak terkontrol, terjadi sangat sering, atau sering muncul setelah usia satu tahun, cara bijak adalah dengan mengkonsultasikannya dengan dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya