Pertolongan Pertama Pada Nyeri Tulang Ekor

Ilustrasi tulang
Sumber :
  • Pixabay/Sbtineet

VIVA – Sakit tulang ekor bisa terjadi pada siapa saja. Penyebabnya bervariasi, salah satunya diakibatkan oleh cedera serius, seperti pernah terjatuh atau patah tulang ekor. 

Zaidul Akbar Bocorkan Resep Kaldu Ajaib dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Namun pada umumnya, duduk di tempat yang permukaannya keras dalam waktu lama seperti mengendarai sepeda motor bisa menjadi penyebab kebanyakan orang mengalami sakit tulang ekor.

Dilansir laman Livestrong Kamis 28 Desember 2017. Dibandingkan pria, wanita lima kali lebih rentan terkena gangguan ini. Selain penyebab tersebut wanita juga mungkin mengalaminya ketika sedang hamil trimester akhir.

Osteoporosis, Ancaman Wanita Pasca Menopause

Secara alami, ligamen di sekitar tulang ekor merenggang untuk memberi jalan bayi keluar sehingga menyebabkan tulang ekor terasa sakit.

Sakit tulang ekor biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu atau bulan. 

5 Manfaat Main Basket Bagi Tubuh dan Mental

Namun selama masih sakit, Anda akan merasakannya saat buang air, melakukan hubungan seks, duduk, mengubah posisi dari duduk menjadi berdiri, dan berdiri dalam waktu lama.

Apabila belum mendapatkan spesialis yang bisa membantu perawatan tersebut, Anda dapat mengatasi rasa sakit tulang ekor sendiri. Berikut ini cara-cara yang dapat dijadikan pedoman untuk mengatasinya secara mandiri.

Minum obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri yang berfungsi membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit, misalnya ibuprofen atau acetaminophen yang dapat dibeli di apotek. Namun perhatikan dosis tepat sebelum Anda mengonsumsinya. 

Kompres dengan es

Jika Anda mengalami cedera tulang ekor, kompres tulang ekor Anda dengan es pada dua hari setelah cedera terjadi. Lakukan kompres ini tiap jam, masing-masing selama 20 menit. Namun, hindari menempelkan es langsung ke tulang ekor, melainkan dibungkus menggunakan handuk. 

Gunakan bantal pemanas

Menurut penelitian, menempelkan bantal pemanas di bagian tulang ekor dapat membantu meredakan rasa sakit di bagian tersebut. Tempelkan bantal selama 20 menit, empat kali sehari. Apabila Anda tidak memiliki bantal pemanas, bisa mengompres tulang ekor dengan air hangat atau berendam di bak yang diisi air hangat.

Gunakan bantal khusus

Anda dapat memilih bantal khusus untuk duduk. Tujuannya untuk mengurangi tekanan pada tulang ekor atau tulang belakang. Bantal ini terbuat dari gel atau busa. Desain bantal ini sudah dibuat sedemikian rupa dengan bagian belakang diberi celah untuk menyesuaikan kebutuhan penderita sakit tulang ekor.

Perhatikan postur tubuh

Apabila menderita sakit tulang ekor, perhatikan posisi duduk atau berdiri. Postur tubuh yang salah dapat menjadi salah satu penyebab sakit tulang ekor. Jika sedang duduk, posisikan badan tegak. Leher dalam keadaan lurus, sementara punggung diposisikan agak melengkung.

Jika ingin mengubah posisi dari duduk menjadi berdiri, sebelum bangkit dari duduk, condongkan tubuh ke depan dan lengkungkan punggung, baru kemudian bangkit berdiri.

Jika semua cara sudah dilakukan tetapi sakit tulang ekor tidak juga berkurang atau berlangsung hingga enam bulan atau lebih, sebaiknya segera hubungi dokter spesialis ortopedi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya