Hati-hati, Tertawa Terlalu Keras Bisa Membunuh

Ilustrasi tertawa
Sumber :
  • Pixabay/Glukosala

VIVA – Anda tentunya pernah mengalami tertawa terbahak-bahak hingga menyebabkan sakit perut. Itu mungkin belum seberapa, ada sebagian dari Anda yang mungkin pernah mengalami tertawa begitu kerasnya dan sangat lama hingga membuat Anda merasa seperti akan mati karena tertawa.

Kondisinya Harus Terus Dimonitor, Pasien Gagal Jantung Kini Bisa Dipantau dari Jarak Jauh

Meski terdengar tidak masuk akal, tapi ini benar-benar bisa terjadi. Bukan karena tawanya, melainkan reaksi tubuh karena tertawa itu yang mungkin bisa membunuh Anda. 

Nyatanya, ada 10 kasus di mana orang benar-benar meregang nyawa karena tertawa. Beberapa di antara kasusnya bersifat historis dan belum terverifikasi, sementara lainnya terjadi di masa modern dan telah terdokumentasi.

Kabar Terkini Pasien Transplantasi Jantung Babi, Sudah Berdiri dan Jalan-jalan

Salah satu dari kasus tersebut adalah Damnoen Saen-Um, yang merupakan sopir truk penjual es krim dan disebutkan meninggal dunia karena tertawa. Menurut istrinya, setelah dua menit tidak berhenti tertawa, dia berhenti bernapas. Istrinya kemudian menemukan dia meninggal dunia karena gagal jantung atau asfiksasi.

Dilansir dari laman Times of India, ada lebih dari satu penyebab medis kenapa tertawa keras bisa membunuh. Beberapa penyebabnya adalah gagal jantung, paru-paru hancur, terserang hernia, pecahnya aneurisma otak, dan kejang gelastis.

Polusi Udara Masih Buruk Bisa Picu Penyakit Jantung, Dokter Ungkap Bahayanya

Kondisi lainnya adalah cataplexy, yaitu di mana Anda dalam keadaan sadar tapi tidak mampu menggerakan otot dan tertawa bisa memicu kondisi ini. Tapi, fakta penting lainnya adalah tertawa bisa memicu cataplexy tapi bukan sebagai penyebabnya, jadi cataplexy muncul terlebih dahulu.

Tertawa juga bisa menyebabkan sinkop atau keadaan pingsan. Sinkop merupakan akibat dari sebuah situasi di mana seseorang merasa senang berlebihan dalam periode yang lama, dan kesenangan berlebih itu memicu napas cepat yang tidak normal. Kondisi ini kemudian menyebabkan meningkatnya tingkat kehilangan karbondioksida. Tertawa juga bisa menyebabkan kepala pusing yang memicu pingsan.

Kehilangan kontrol tawa Anda juga bisa menakutkan, karena beberapa orang jatuh pingsan ketika tertawa, tapi masih belum bisa mengontrol tertawa mereka. Bagi orang yang memiliki masalah medis, tertawa juga bisa mengerikan bagi mereka. Saat tawa menyebabkan ketegangan pada tubuh, hal itu bisa menyebabkan masalah kematian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya