4 Kuliner Wajib Coba Saat Berlibur ke Taiwan

Tahu bau goreng, kuliner khas Taiwan.
Sumber :
  • REUTERS/Pichi Chuang

VIVA – Taiwan menjadi salah satu destinasi yang cukup populer di kawasan Asia Timur. Berbagai jenis wisata ditawarkan oleh negara yang terkenal dengan serial drama Meteor Garden tersebut, mulai dari wisata alam hingga wisata belanja. 

Cara Taiwan Promosikan Kuliner Khasnya di Indonesia

Namun, tidak lengkap rasanya jika mengunjungi salah satu destinasi wisata untuk mencicipi kuliner asli daerah setempat. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan dari Tourism Taiwan, yang harus Anda coba ketika mengunjungi tempat asal Jerry Yan tersebut. 

1. Es serut
Es serut menjadi salah satu minuman yang wajib Anda coba ketika mendatangi Taiwan, terutama saat musim panas. Beragam buah segar, manisan dan lainnya ditaruh di atas es, ditambah air gula atau susu kental manis. 

Taiwan Serius Promosikan Kuliner Halal Lokal

2. Mi daging sapi

Mi daging sapi merupakan makanan rakyat yang tersebar di pelosok jalan. Dulu masyarakat tidak mengonsumsi daging sapi, seiring dengan berpindahnya para veteran yang mengikuti pemerintah nasional datang ke Taiwan. Kerinduan mereka akan cita rasa masakan kampung halam sehingga mereka memasak mi Taiwan yang unik ini.

Ini Dia Deretan Makanan Asal Taiwan yang Populer di Indonesia

Cara masak di setiap tempat berbeda, ada yang berupa kuah bening, dimasak dengan kecap dan tomat serta rasa lainnya, kemudian diinovasikan dengan rasa-rasa baru, seperti ada rasa kari, rasa bawang, rasa sacha dan lainnya. Mi daging sapi dapat dikatakan sebagai kumpulan masakan-masakan terbaik masyarakat Tionghoa, sup yang kaya akan rasa, mi yang menyerap sup dan enak dikunyah, dipadukan dengan urat sapi dan daging sapi yang empuk. 

3. Omlet Tiram

Makanan ringan ini berasal dari daerah pesisir pantai tenggara daratan Tiongkok yang sangat populer di Taiwan. Umumnya penjual omlet tiram akan menggunakan panci datar berukuran besar untuk memasukkan tiram, telur, sayuran dan terakhir memasukkan air yang dicampur dengan tepung. Omlet digoreng hingga sisi luar menjadi garing namun bagian tetap lembut, kemudian disiram dengan saus spesial. 

Setiap kota dan kabupaten menggunaka jenis sayuran berbeda seperti sawi, tauge, daun basil dan lain sebagainya sehingga kaya akan nuasana lokal. Makanan ini juga diinovasikan menjadi berbagai jenis masakan seperti omlet telur, omlet udang, omlet cumi dan sebagainya. Untuk menemukan makanan ini Anda bisa mencarinya di pasar malam. 

4. Tahu Bau Goreng

Tahu bau goreng merupakan makanan ringan rakyat Taiwan. Yang mana tahu direndam dalam air fermentasi alami, walaupun baunya menyengat, namun setelah digoreng, rasanya lezat dan unik.

Makanan ini mungkin sangat asing bagi para wisatawan mengingat baunya yang membuat mereka berpikir untuk mencobanya. Namun cara pembuatannya dan sedapnya tahu terasa saat dimasukkan ke dalam mulut dapat digambarkan sebagai keju di luar negeri, sekali mencobanya pasti Anda akan menyukainya. 

Masukkan tahu bau segar ke dalam panci berisi minyak, atau dipotong berbentuk segita dan digoreng hingga garing dan berwarna keemasan. Makanan ini paling cocok dimakan bersama Kimchi ala Taiwan dan saus yang asin dan wangi. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya