RESEP: Mantau, Roti Lezat Khas Kopitiam yang Mudah Dibuat

Mantau kukus.
Sumber :
  • Cookpad/S.L Sanni

VIVA –Indonesia punya bakpau, di China ada mantau. Bakpau sendiri memang merupakan makanan asal China yang dulunya berisi daging babi. Namun, di China, roti kukus berwarna putih memang disebut dengan mantau.

7 Resep Kue Lumpur Lembut dan Nikmat, Dijamin Ketagihan

Mantau juga bisa diisi dengan apapun, mulai dari daging, selai, cokelat dan ada pula mantau yang tidak memiliki isian. mantau juga bisa digoreng kembali agar teksturnya renyah di bagian luar.

Di kopitiam alias kedai kopi peranakan, biasanya mantau disajikan tanpa isian, dengan pilihan kuku atau goreng dan dimakan bersama susu kental manis vanila.

7 Resep Kue Bolu yang Praktis dan Lembut, Dijamin Anti Gagal

Jika Anda penggemar mantau, jika ada waktu coba saja bikin mantau sendiri di rumah. Sebenarnya tidak sulit, hanya saja Anda butuh ketelitian. Berikut ini adalah resep lengkapnya dari pengguna Cookpad, S.L Sanni.

Mantau Kukus

7 Resep Kue Kering, Cocok untuk Pecinta yang Manis-manis!

Bahan-bahan

-235 gram tepung terigu pro sedang
-15 gram tepung maizena
-3/4 sdt ragi aktif
-65 gram gula halus
-170 mililiter susu cair
-1-1 1 /2 sdm minyak sayur
-8 gram bubuk cokelat

Cara membuat

1. Campurkan semua bahan kering jadi satu, aduk rata.

2. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit dan aduk sampai menjadi adonan.

3. Beri minyak sayur dan aduk kembali hingga tercampur rata.

4. Bagi menjadi 2 bagian (1 bagian yg putih dan 1 bagian untuk yg cokelat), tutup salah satu adonan dengan kain kering, agar adonan tetap lembap.

5. Uleni adonan yang putih selama 5 menit atau sampai halus, beri taburan tepung jika lengket, lalu tutup dengan kain kering, lalu istirahatkan adonan selama 5-10 menit

6. Lanjut ke adonan yang ke 2, tambahkan bubuk cokelat, lalu uleni selama 5 menit atau sampai semua tercampur rata dan lapisan adonan halus, kemudian tutup dengan kain kering, dan istirahatkan adonan selama 5-10 menit.

7. Kini balik lagi ke adonan pertama, gilas dengan rolling pin hingga ketebalan kurang lebih 5 milimeter, membentuk persegi panjang. Sisihkan sambil ditutup dengan kain kering. (Lakukan hal yang sama dengan adonan yang cokelat)

8. Taruh adonan cokelat ke atas adonan putih, gilas lagi kiri kanan atas bawah hingga mencapai adonan yang tipis.

9. Mulai gulung adonan, kemudian potong-potong menjadi 8 bagian, lalu taruh di atas kertas roti atau daun pisang.

10. Diamkan mantau dengan ditutup kain kering selama 1 jam 30 menit, sampai mengembang maksimal.

11. Siapkan kukusan, panaskan sampai beruap, kemudian masukkan mantau ke dalam kukusan, beri jarak agar tidak menempel satu sama lain. Kukus selama 15 menit, selama kukus jangan buka tutup panci agar tidak kempes.

12. Setelah matang, juga jangan langsung buka tutup kukusan, matikan api dulu dan diamkan selama 5-10 menit di dalam kukusan, setelah itu baru buka dan siap untuk di sajikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya