4 Negara Ramai-ramai Lakukan Aksi Bela Rendang

Nasi lemak dan rendang ayam buatan Zaleha kadir Olpin.
Nasi lemak dan rendang ayam buatan Zaleha kadir Olpin.
Sumber :
  • Instagram @z.olpin

VIVA – Dua chef selebriti yang menjadi juri di ajang MasterChef Inggris, John Torode dan Gregg Wallace memang tengah menjadi bulan-bulanan warganet di media sosial, lantaran komentar mereka tentang rendang ayam.

Sebagai informasi, Torode dan Wallace mengatakan bahwa rendang ayam yang dimasak salah satu kontestan MasterChef Inggris berdarah Malaysia, Zaleha Kadir Olpin kurang lezat karena bagian kulitnya tidak renyah.

"Saya suka rasa rendang, ada manisnya kelapa. Namun, kulit ayamnya tidak renyah. Ini tidak bisa dimakan dan seluruh sausnya ada di atas kulitnya, jadi saya tidak bisa memakannya," ujar Wallace saat mengomentari hidangan buatan Zaleha.

Zaleha menyajikan hidangan nasional Malaysia, nasi lemak dengan rendang ayam sebagai salah satu lauknya. Gara-gara kulit rendang ayam tidak renyah, Zaleha pun dieliminasi dari ajang pencarian bakat memasak tersebut.

Namun, tampaknya masalah ini juga memiliki dampak positif, yakni bersatunya orang Malaysia, Indonesia, Brunei Darussalam dan Singapura dalam membela hidangan kebanggaan mereka, rendang. Mereka beramai-ramai menyerbu Torode dan Wallace di Twitter dan mengatakan bahwa rendang ayam yang di masak berjam-jam dengan santan kelapa dan rempah tak mungkin memiliki kulit yang renyah. Tak ada pula sejarahnya rendang ayam punya kulit yang renyah.

Baca: Komentari Rendang, Chef Asal Inggris Di-bully Warganet

Baca: PM Malaysia Ikut Bela Rendang Ayam yang Dikritik Chef Bule

Yang membuat warganet makin berang adalah kedua chef tersebut sama sekali tidak meminta maaf atas kesalahan mereka.

John Torode malah sempat menunjukkan reaksi santainya melalui akun Twitter pribadinya dengan balas menyindir orang Malaysia, dengan mengatakan bahwa sebanarnya rendang adalah milik Indonesia, bukan Malaysia.

"Mungkin rendang adalah milik Indonesia. Saya menyukai ini. Brilian, sepertinya Anda semua menjadi sangat bersemangat. Namaste," ujarnya di Twitter, namun unggahan tersebut kini sudah ia hapus karena dikecam oleh banyak orang.

Unggahan itu pun semakin menyulut emosi warganet. Ada yang mengatakan bahwa Torode ingin membuat orang Malaysia dan Indonesia bertengkar di media sosial dengan menyebut bahwa rendang adalah milik Indonesia.

Patut diketahui bahwa meski rendang merupakan kuliner asli Sumatera Barat, Indonesia, namun banyak variasi rendang yang juga dapat ditemukan di berbagai negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura. Rendang pun kemudian dikenal sebagai kari Asia Tenggara, yang terbuat dari santan kelapa dan berbagai rempah-rempah.