Polemik Rendang Crispy Dimanfaatkan KFC untuk Promosi

Ayam goreng KFC.
Ayam goreng KFC.
Sumber :
  • Instagram @kfcmalaysia

VIVA – Jika empat negara di Asia Tenggara, yaitu Malaysia, Indonesia, Brunei Darussalam dan Singapura ramai-ramai membela rendang, lantaran komentar ngaco juri MasterChef Inggris, KFC Malaysia justru memanfaatkan momen ini sebagai peluang promosi.

Ya, baru-baru ini, dua orang chef selebriti yang menjadi juri MasterChef Inggris, John Torode dan Gregg Wallace melontarkan komentar aneh tentang rendang ayam buatan salah satu kontestan berdarah Malaysia, Zaleha Kadir Olpin. Mereka menganggap rendang tersebut kurang lezat karena bagian kulitnya tidak crispy alias renyah.

Karena itulah banyak yang mengkritik kedua chef tersebut dan mengatakan bahwa memang sudah seharusnya rendang ayam bertekstur lembut dan empuk. Dua chef itu pun dituding tidak pantas menjadi seorang masterchef karena pengetahuan mereka di dunia kuliner dianggap terbatas, yakni hanya mencakup kuliner yang menjadi budaya mereka saja.

Baca: Komentari Rendang, Chef Asal Inggris Di-bully Warganet

Baca: 4 Negara Ramai-ramai Lakukan Aksi Bela Rendang

Banyak juga warganet yang mengatakan di media sosial bahwa rendang ayam bukanlah ayam KFC yang punya tekstur renyah. Tentu saja hal tersebut tidak disia-siakan restoran cepat saji asal Amerika Serikat tersebut. Mereka langsung membuat iklan baru dan mengunggahnya di akun media sosial resmi mereka.

Iklan tersebut terdiri dari foto satu bucket ayam goreng dengan latar belakang api dan tulisan di atasnya 'Not Rendang' atau 'Bukan Rendang'. Mereka juga menambahkan caption yang terbilang cukup catchy di keterangan foto.