Resep: Stormy Cake untuk Buka Puasa, Yummy!

Ilustrasi kue Stormy
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Saat berpuasa, setelah berjam-jam menahan haus dan lapar, seringkali orang menjadi terlalu bersemangat dan membeli banyak makanan yang belum tentu bergizi dan sehat untuk berbuka. 

Cuma Butuh 5 Bahan, Resep Sagu Keju yang Gurih Cocok Buat Kue Lebaran

Daripada membeli takjil di luar, mengapa tidak membuat sendiri untuk keluarga? Pasti kualitas gizi dan rasa lebih terjaga.

Anda bisa membuat stormy cake untuk buka puasa, dilansir dari Joy Of Kosher. Kue ini juga bisa disajikan untuk teman minum kopi atau teh. 

7 Resep Kue Lumpur Lembut dan Nikmat, Dijamin Ketagihan

Bahan:

3/4 cangkir kacang almond
1/2 cangkir gula palem
2 sdt kayu manis bubuk
1 sdm bubuk cocoa
1 cangkir chocolate chip

7 Resep Kue Bolu yang Praktis dan Lembut, Dijamin Anti Gagal

Adonan:

6 sdm mentega dingin
1 cangkir gula pasir
2 butir telur
1 sdt ekstrak vanila
1 sdt baking soda
1 cangkir plain yoghurt
1 1/3 cangkir tepung
1 1/2 sdt baking powder

Ilustrasi sarung tangan oven

Cara Masak:

1. Panaskan oven 180 derajat celsius. Siapkan loyang berukuran 23 sentimeter. Semprot seluruh permukaan loyang dengan semprotan anti lengket.

2. Topping dan isian. Siapkan spatula, masukkan almond, gula palem, kayu manis, bubuk cocoa aduk hingga membentuk tekstur kasar. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan chocolate chip, aduk,  Sisihkan.

3. Adonan. Siapkan blender, masukkan mentega, gula pasir, telur dan vanila, proses dalam kecepatan rendah selama dua menit. Dalam mangkuk kecil, larutkan baking soda dalam yogurt. Tambahkan ke dalam blender kemudian proses selama tiga detik. Tambahkan tepung dan baking powder  proses lagi dalam kecepatan tinggi, hingga tepung bercampur dengan baik. 

4. Masukkan setengah adonan ke loyang yang telah disiapkan, lalu taburi dengan setengah bahan topping. Tambahkan sisa adonan di atasnya hingga adonan habis.

5. Panggang selama 40 hingga 45 menit. Periksa kematangan dengan cara menusukkan tusuk gigi ke dalam cake. Jika saat diangkat tusuk gigi terlihat bersih tanpa adonan yang menempel, berarti cake sudah matang sempurna.

6. Simpan cake dalam suhu ruang selama satu jam hingga dingin. Keluarkan cake dari dalam loyang, kemudian taburi permukaan cake dengan sisa topping. Kalau ingin dimasukkan ke lemari pendingin, pindahkan ke dalam piring lalu bungkus dengan plastik pembungkus. 

Untuk 6-8 potong. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya