5 Cara Agar Pola Makan Tetap Sehat Saat Lebaran

Ilustrasi hidangan Lebaran.
Sumber :
  • Pixabay/sharonang

VIVA – Perayaan Hari Raya Idul Fitri biasanya dihiasi dengan kenikmatan beragam hidangan lezat. Namun, ini membuat banyak umat muslim menjadi mengonsumsi makanan secara berlebihan dan bisa memicu masalah pencernaan.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Agar mencegah terjadinya masalah kesehatan, penting untuk dapat mengontrol pola makan saat hari raya. Berikut tips sehat merayakan Hari Raya Idul Fitri, dilansir dari The Health Site, Rabu, 6 Juni 2018.

Batasi makanan berlemak

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Makanan yang mengandung lemak dan gula biasanya memicu masalah pencernaan. Sebab, dua hal tadi dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lama. Usahakan untuk mengonsumsi pola makan dengan pilihan ringan dan olahan yang lebih sehat.

Porsi makan kecil dan sering

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Porsi makan yang besar dapat membuat lambung lama mencerna. Maka dari itu, usahakan agar mengonsumsi makanan dalam porsi kecil agar lambung mudah mencernanya serta mampu menstimulasi metabolisme tubuh dengan mudah. Penting pula untuk memberi jeda antar jam makan sekitar 3 jam.

Bahan makanan sehat

Kuliner non-vegetarian menjadi pilihan populer di waktu Idul Fitri tiba. Coba agar selalu memilah potongan daging yang minim lemak sebelum dimasak dan diolah. Saat mengolah makanan manis, hindari pemakaian susu berlebihan dan gula. Bisa diganti dengan pilihan buah yang manis dan segar.

Metode memasak sehat

Dibandingkan menggoreng, masakan sehat bisa diolah dengan cara dibakar atau dipanggang. Serta hindari memasak ikan dan sayuran terlalu matang, karena panas berlebihan bisa memicu hilangnya vitamin dan mineral di dalamnya.

Minim garam

Daripada memakai garam berlebihan, coba ganti dengan bumbu lain seperti peterseli, rosemary, coriander, lada dan perasan lemon. Bumbu tersebut sangat kaya akan antioksidan, vitamin, mineral dan minyak alami yang mengandung zat antibakteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya