Tips Rahasia Lezat Masakan Khas Indonesia

Makanan rendang ayam khas Indonesia
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA – Kaya akan rempah dan bumbu, masakan Indonesia dikenal memiliki cita rasa yang berbeda dengan masakan negara lainnya. Terlepas dari hal itu, banyak tahapan dalam memasak masakan Indonesia, membuat orang cenderung tak sabar dan memilih jalan pintas, sehingga membuat makanan yang harusnya lezat jadi berkurang kelezatannya. 

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Untuk itu, ketahui beberapa hal berikut ini sebelum mulai memasak hidangan Indonesia, seperti disampaikan Sous Chef Jumhadi dari Potato Head.

"Kita punya rempah banyak, usahakan selalu menggunakan rempah yang bagus dan masih segar," kata Jumhadi di Potato Head, Pacific Place, Jakarta Selatan. 

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Menurutnya, kesalahan yang umum dilakukan saat memasak makanan Indonesia adalah ketidaksabaran untuk memasukkan bumbu dan bahan utama. 

"Nunggu sambal belum matang, dimasukkan bahan utama, itu buat rasa langu. Kunyit kalau masak enggak benar, dimasukkan bahan utama akan menimbulkan rasa engga enak. Bahan boleh apa saja, yang penting cara memasak benar, harus matang semua (bahan)."

4 Filosofi Pempek yang Jarang Diketahui, Ternyata Memiliki Makna

Jumhadi memberi contoh seperti saat membuat sambal goreng, seharusnya dilihat apakah minyak sudah naik, jika sudah berarti bumbu di bagian bawah sudah dalam kondisi matang. "Tapi jika minyak belum naik, artinya proses masak masih lama," terangnya. 

Sama halnya dengan santan, yang membuat santan pecah biasanya karena kebiasaan memasak mencampur santan secara langsung. Seharusnya santan dimasukkan pelan-pelan, dan diaduk dalam wadah terpisah. 

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024