Tips Membuat Kreasi Cokelat dengan Berbagai Bahan Tak Biasa

Aneka cokelat bercita rasa kuliner khas Indonesia.
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi membidani kelahiran sejumlah inovasi di dunia modern, termasuk di dalamnya adalah kuliner. Bisa dibilang cokelat adalah salah satu kuliner yang juga banyak mengalami inovasi unik dan menarik.

Serba-serbi Perayaan Valentine 14 Februari

Bahkan baru-baru ini, perusahaan cokelat Kit Kat menciptakan kreasi cokelat baru dengan cita rasa khas Indonesia, seperti es teler, es doger, durian, kerak telor, klapertaart hingga mi goreng. Namun, ternyata tidak semua jenis cokelat bisa dikombinasikan dengan bahan lain untuk menciptakan rasa baru.

Chef Sendy Rizky Saputra dari Kit Kat mengatajan bahwa jenis cokelat yang bisa digunakan untuk menciptakan inovasi rasa adalah white chocolate. Itu karena cokelat jenis ini lebih bisa menyatu dengan rasa lain dibandingkan dengan dark atau milk chocolate.

Deretan Tradisi Aneh Valentine di Seluruh Dunia, Ada yang Bikin Melongo!

"Misalnya mix dengan kacang atau buah lebih mudah. Karena white chocolate bahanya terdiri dari coco butter sugar dan milk. Tapi kalau dark chocolate atau milk chocolate ada coco maze grill dari biji cokelat yang di-press. Sulit untuk ditembusin flavor lain," kata dia kepada VIVA baru-baru ini.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa sebaiknya Anda juga mengetahui basic cara pengolahan cokelat yang baik jika ingin berkreasi dengan makanan manis ini. Setelah itu, baru Anda bisa mencampurnya dengan rasa apapun sesuai selera.

Mengapa Hari Valentine Sangat Identik dengan Cokelat? Ini Faktanya

"Cari tahu mau menonjolkan rasa apa. Apakah manisnya dari cokelat atau lebih ke asam dari si buah. Nanti untuk ingredient bisa dilebihkan ke bahan yang ingin ditonjolkan," kata dia.

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024