Begini Nih Cara Memasak Daging Kambing yang Benar

Ilustrasi daging kambing.
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA – Tinggal hitungan jam menuju Hari Raya Idul Adha. Biasanya, di saat seperti ini akan banyak daging kambing dan sapi yang dibagikan pada masyarakat. Tapi, umumnya selalu ada kesalahan saat akan mengolah daging-daging tersebut, terutama kambing.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Untuk itu, ketahui dulu apa saja yang harus dilakukan sebelum mengolah daging-daging tersebut. Berikut ini tipsnya, dari Sous Chef Potato Head, Jumhadi saat ditemui VIVA baru-baru ini.

Daging jangan dicuci

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Ternyata hal yang paling umum dilakukan ini adalah kesalahan besar yang membuat daging kehilangan cairan lezat di dalamnya. Hal ini berlaku untuk semua jenis daging.

"Semua daging enggak boleh kena air, jangan dicuci. Biasanya kalau kambing jangan sampai dicuci, usahakan kalau dapat daging kurban, motongnya sudah benar, tempat benar, jadi langsung dimasak. Kalau kotor, bersihkan biasa saja," kata Jumhadi.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Ia juga menyarankan untuk membersihkan daging hanya dengan tisu.

"Daging kambing jangan cuci, langsung bungkus daun pepaya, diremas, dimasukkan (ke dalam lemari es) setengah jam cukup," jelasnya.

Daging alot

Ini adalah hal yang paling sering ditakuti saat memasak daging. Untuk membuatnya empuk, banyak orang menggunakan nanas. Namun, Jumhadi ternyata tidak disarankan.

"Kalau mau ngempukin pakai daun pepaya. Kalau nanas mengubah tekstur. Si daging kalah sama nanas. Kalau pakai daun pepaya lebih alami dan murah," jelasnya.

Dibekukan

Hal ini tidak disarankan. Karena air akan bertambah dan tingkat juicy daging akan bercampur dengan es.

"Lebih baik ungkep mateng baru di-keep di kulkas. Daripada keep mentah di kulkas, dimasak, masukin lagi (ke dalam lemari es)," ucap Jumhadi.

Langsung digoreng

Sebaiknya jangan lakukan lagi hal ini setelah menyimpan daging dalam lemari pendingin. Cara mengolah yang disarankan adalah dengan mengukus daging, bukan digoreng atau bakar.

"Yang disarankan setelah daging masuk chiller lebih ke steam (dikukus), karena jauh lebih bisa dapat tekstur yang semula,” katanya.

Jumhadi juga memberi saran saat mengukus sebaiknya biarkan air mendidih baru masukkan daging selama tiga hingga lima menit, karena jika terlalu lama akan merusak tekstur daging.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya