Rahasia Masak Daging Kambing yang Empuk dan Juicy

Daging kambing.
Sumber :
  • Pixabay/charlottem

VIVA – Sudah tahu mau masak apa di Hari Raya Idul Adha tahun ini? Bagi Anda yang berencana memasak daging kambing, pastikan Anda tahu cara mengolahnya yang tepat agar daging yang dihasilkan tidak alot.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Nah, berikut ini adalah beberapa teknik memasak rahasia agar daging kambing empuk dan juicy, seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber.

Membolak-balik daging setiap satu menit

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Koki Eksekutif Morton's Steak House di New York City, Elias Iglesias merekomendasikan agar memasak daging dalam panci dengan api besar selama satu menit, untuk menjaga rasa dan kandungan cairan di dalam daging.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan membalikkan daging setelah satu menit dimasak menggunakan spatula, untuk menghindari menusuk daging dan membiarkan cairan di dalamnya keluar. Cukup balik satu kali lagi dan selesaikan memasak sesuai suhu yang Anda inginkan.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Menggunakan nanas

Nanas diketahui dapat mengempukan berbagai jenis daging, termasuk daging kambing. Caranya cukup mudah, pertama parut nanas terlebih dahulu lalu ambil airnya. Gunakan air nanas untuk merendam daging kambing yang sudah dipotong dan diamkan sekitar 30 menit.

Merebus daging

Untuk mendapatkan daging kambing yang empuk bisa dengan merebusnya selama 60 menit. Jangan lupa tambahkan kunyit, jahe, bawang putih, kecap manis dan garam.

Menggunakan daun pepaya

Sebelum memasak, bungkus daging kambing dengan daun pepaya. Daun pepaya membantu membuat daging menjadi empuk setelah matang.

Lumuri dengan buah pir

Selain menggunakan parutan buah nanas, buah lain yang bisa digunakan untuk membuat daging kambing cepat empuk adalah buah pir.

Memang kurang begitu populer di Indonesia, namun di luar negeri, seperti di Korea Selatan, buah pir lebih banyak digunakan dibandingkan menggunakan buah nanas untuk mengempukan daging. Caranya parut pir kemudian lumuri di permukaan daging kambing sampai rata. Lalu diamkan selama beberapa saat sebelum dimasak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya