Tak Hanya Enak Dibikin Sambal, Ini 4 Manfaat Lain Daun Koja

Daun Koja
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Bukan hanya menu makanan utama saja yang setiap saat mengalami inovasi. Makanan pendamping seperti sambal pun demikian. Baru-baru ini salah seorang Executive Sous Chef Sailendra Restoran, JW Marriott Jakarta, Heri Purnawan membuat sebuah inovasi unik yakni sambal koja.

RESEP: Bubur Pedas Sambal Koja, Cocok Dimakan Hujan-hujan

Sambal ini merupakan sambal yang berbahan dasar daun koja atau daun salam koja atau yang dikenal dengan istilah daun kari atau daun temurui di Provinsi Aceh. Bukan hanya sebagai cocolan  saja, sambal koja ini pun merupakan sambal serbaguna karena bisa digunakan sebagai bumbu masakan. 

Bukan hanya itu saja, setidaknya ada beberapa hal menarik lainnya dari daun koja yang merupakan bahan utama dari sambal koja ini. Berikut ini ulasan yang dibeberkan oleh Heri saat ditemui dalam press conference Sambal of Sailendra di JW Marriott Jakarta, Kamis 6 September 2018.

RESEP: Satai Ayam Seenak Restoran Ternama

1. Kandungan Daun Koja

Chef Heri menjelaskan bahwa daun ini mengandung banyak kandungan anti oksidan, selain itu daun ini pun dapat menurunkan kolestrol.

Daun Kari, Solusi Ampuh Turunkan Gula Darah Berlebih

2. Wangi

Daun koja yang disebut sebagai daun kemurui di Aceh ini menjadi salah satu bahan yang digunakan sebagai bumbu ayam tangkap. Selain itu masyarakat Aceh juga sering menggunakan daun ini sebagai media cuci tangan lantaran wanginya yang dihasilkan ketika daun ini digunakan.

"Ini sangat fregerance, biasanya digunakan untuk cuci tangan, kalau di Sunda pakai Kemangi kalau di Aceh pakai ini," kata Cluster Director of Marketing Communication JW Marriott, Adeza Hamzah.

3. Bisa digunakan sebagai salad

Daun ini pun kata Heri, dapat menjadi pelengkap dari salad.

4. Menyehatkan rambut

Masalah rambut seperti ketombe, uban, dan penipisan rambut hingga menguatkan poros rambut sehingga rambut kuat dan tidak mudah rontok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya