Ternyata Ini Alasan Matcha Dikonsumsi Secara Luas di Dunia

Ilustrasi teh.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA – Demam teh hijau telah menggema di dunia selama beberapa tahun belakangan ini. Teh hijau menjadi minuman panas pilihan pertama bagi banyak orang di seluruh dunia karena rasanya yang alami dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Ada banyak jenis teh hijau. Namun, yang paling terkenal adalah matcha, bubuk halus yang berasal dari penggilingan daun teh hijau Jepang premium. Ini berarti bahwa meminum secangkir matcha sama seperti menghabiskan satu lembar daun teh. Dan faktanya, satu cangkir matcha memiliki zat antioksidan 137 kali lebih banyak daripada teh hijau yang biasa dibeli di toko.

Tidak heran jika banyak orang kemudian ramai-ramai membeli matcha untuk dikonsumsi sehari-hari. Tetapi ternyata, bukan hanya itu saja, setidaknya ada lima alasan lainnya mengapa minum matcha baik untuk kesehatan Anda, seperti dilansir dari laman Food Beast, Jumat, 14 September 2018.

6 Manfaat Mengonsumsi Teh Hijau bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Dimanfaatkan untuk Diet

1. Sumber energi Alami dan meningkatkan fokus

Minum secangkir matcha dalam sehari diketahui dapat memberi dorongan energi empat hingga enam jam tanpa efek gelisah seperti kopi. Hal ini lantaran kandungan kafein dalam matcha hanya sepersepuluh dari kopi. Selain itu, matcha juga mengandung asam amino, yang membantu meminimalisir penyerapan kafein oleh tubuh Anda.

4 Bahan Herbal Terbaik Lancarkan Aliran Darah, Cegah Stroke dan Penyakit Jantung

Matcha juga diketahui ampuh meningkatkan memori, suasana hati dan konsentrasi.

2. Membantu turunkan berat badan

Matcha bisa menjadi menu pilihan untuk diet Anda karena bebas gula, kalori dan 100 persen terbuat dari bahan yang alami, serta telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme.

Penelitian juga menunjukkan bahwa matcha membantu Anda membakar energi dan lemak dengan lebih cepat, dengan kandungan antioksidan yang membatasi lemak yang diserap tubuh Anda. Selain itu, antioksidan ini juga menjaga kadar hormon leptin yang berfungsi mengurangi nafsu makan pada malam hari.

3. Tinggi antioksidan

Matcha diketahui merupakan sebagai sumber antioksidan tunggal terbaik di antara produk alami lainnya. Matcha juga mengandung antioksidan 137 kali lebih banyak dibanding teh hijau biasa dan mengandung EGCg, antioksidan penghilang penyakit.

EGCg terkait dengan membantu memerangi radikal bebas, yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit yang mengancam jiwa lainnya.

4. Anti Inflamasi

Matcha bisa menjadi perisai kekebalan yang akan membuat Anda tetap sehat sepanjang tahun. Matcha juga diketahui dapat mengurangi peradangan, baik memar, nyeri terkait artritis, atau hanya nyeri karen aktivitas sehari-hari.

Matcha juga tinggi akan flavonoid, antioksidan dengan sifat anti bakteri. Kandungan ini berfungsi untuk menghindarkan bau mulut dan melawan bakteri yang menyebabkan flu, sakit tenggorokan dan infeksi lain seperti sariawan.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Antioksidan EGCg yang terkandung di dalam matcha diketahui efektif dalam mengurangi peradangan dalam arteri, dan  mencegah penumpukan kolesterol pada dinding arteri. Ini berarti menurunkan tekanan darah juga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya