Daun Jati dari Jawa Tengah Lebih Bagus untuk Membungkus Nasi Jamblang

Nasi Jamblang Mang Dul.
Sumber :
  • Mutia Nugraheni/ VIVAlife

VIVA – Nasi Jamblang, kuliner khas dari daerah Jamblang, Cirebon, Jawa Barat memang dikenal memiliki keunikan. Selain rasanya yang enak, kemasan nasinya yang dibungkus menggunakan daun jati pun menjadi daya tarik tersendiri.

Tujuh Rekomendasi Nasi Jamblang Terkenal Paling Enak di Cirebon

Saat ditemui VIVA, salah satu pegawai dari rumah makan terkenal di Cirebon, yaitu Nasi Jamblang Mang Dul, Hendra yang tak lain juga keponakan dari Mang Dul, memberikan pernyataan bahwa daun jati yang digunakan untuk membungkus nasi jamblang tidak bisa sembarangan dan harus berasal dari Jawa Tengah.

“Kalau untuk daun jati itu dikirim dari Jawa Tengah karena (daun jati) di sini, Jawa Barat lain, ada perbedaan,” ujar Hendra saat ditemui di kawasan Kesambi, Cirebon, Kamis, 20 September 2018.

7 Rekomendasi Nasi Jamblang Paling Enak di Cirebon

Menurut Hendra, alasan utamanya menggunakan daun jati dari Jawa Tengah adalah karena teksturnya yang lebih lentur dan mudah untuk dibentuk. Sedangkan daun jati dari Jawa Barat memiliki tekstur yang keras dan susah untuk dibentuk.

“Kalau daun jati dari Jawa Tengah itu lentur sehingga mudah dibentuk, sedangkan kalau Jawa Barat itu kan keras (sehingga susah untuk dibentuk),” ucapnya.

Menikmati Nasi Jamblang Cirebon

Lebih lanjut, Hendra juga mengatakan bahwa alasan lain yang membuatnya memilih daun jati dari Jawa Tengah adalah karena kandungan warna merah yang terdapat dalam daunnya tidak menimbulkan masalah untuk kesehatan, alias baik untuk digunakan.

Bahkan, Hendra mengungkapkan bahwa kandungan warna merah dalam daun jati dari Jawa Tengah sering digunakan untuk pewarna merah alami pada makanan gudeg.

“Terus kalau di Jawa Tengah sendiri sering digunakan untuk bahan pemerah gudeg. Makanya itu enggak berbahaya juga, dan akhirnya memilih menggunakan daun jati Jawa Tengah,” ujar Hendra kepada VIVA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya