Serunya Bikin Dumpling Seperti di Film Crazy Rich Asians

Dumpling ala Crazy Rich Asians
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Bimo

VIVA – Bagi yang telah menonton film ‘Crazy Rich Asian’, tentu sudah tak asing dengan adegan membuat dumpling dalam film tersebut. Momen saat membuat dumpling itu sekaligus menjadi ajang perkenalan bagi Rachel Wu terhadap keluarga besar Nick Young yang superkaya.

Wow! Siomay Indonesia Dinobatkan Jadi Dumpling Terenak Pertama di Dunia

Dalam tradisi masyarakat Tionghoa, membuat dumpling merupakan sebuah cara untuk mempererat tali kekeluargaan. Proses pengolahannya biasa diajarkan turun menurun pada anggota keluarga. Namun, di era modern ini tidak semua keturunan Tionghoa piawai mengerjakannya.

Beruntung, VIVA mendapat kesempatan untuk mempelajari cara membuat dumpling jiaozi dari restoran Din Tai Fung, Gandaria City, Jakarta Selatan, baru-baru ini. Ternyata proses membuat dumpling sendiri bisa dibilang susah-susah gampang. Terlebih bagi yang tak terbiasa. Bukan hanya butuh keterampilan, tapi juga perlu keuletan dan kesabaran dalam membuat dumpling.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Meski demikian, bahan untuk membuat dumpling terbilang sederhana dan mudah didapat. Pertama, bahan kulit pembungkus yang terbuat dari tepung terigu dan air dengan perbandingan 1:1.

Bahan ini kemudian dicampurkan, dipotong dan dipipihkan dengan penggiling hingga cukup padat. Sementara bahan isiannya, daging yang telah dicincang halus, dicampur sayuran dan diberi bahan bumbu tambahan.  

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

"Di negara aslinya Taiwan, isian dumpling jiaozi umumnya daging babi, namun Din Tai Fung Indonesia menggantinya dengan daging ayam bagian dada," kata Suwito selaku Head Chef Din Tai Fung Gandaria City.

Kemudian, adonan awal tadi kembali dipipihkan dengan roller. Ingat bagian tengah dari adonan harus lebih tebal. Hal ini dimaksudkan agar isian tidak robek dan bocor pada saat dikukus. Sebelum dikukus, jangan lupa masukkan isian.

Salah satu bagian tersulit dari membuat dumpling ialah ketika membuat lipatan. Dibutuhkan pengalaman, kesabaran dan keuletan dalam prosesnya. Karena salah sedikit saja, adonan bisa sobek, atau bentuknya kurang ‘cantik’.

Setelah itu, tahap selanjutnya ialah mengukus dumpling. Agar hasilnya sempurna, dibutuhkan waktu selama 4 hingga 5 menit. Terakhir, dumpling jiaozi siap dihidangkan, dan siap menggoyang lidah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya