9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Jollof Rice
Sumber :
  • aljazeera

VIVA Lifestyle – Mendekati waktu berbuka puasa, tidak sedikit dari kita yang sudah mulai mencari menu buka puasa. Beberapa jenis makanan seperti kolak pisang, biji salak, hingga berbagai jenis es seperti sop buah, hingga es blewah jadi incaran.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Tak hanya di Indonesia saja yang memiliki menu khas unik untuk disantap saat berbuka puasa. Umat muslim di berbagai belahan dunia lainnya, juga memiliki menu makanan unik yang wajib ada di meja makan mereka. 

Apa saja? Berikut ini rangkumannya dilansir dari laman Aljazeera

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

1. Argentina- Daging Asado

Beef Asado

Photo :
  • aljazeera
5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Umat muslim di Argentina memiliki menu utama berbuka puasa berupa daging asado. Menu ini terdiri dari potongan daging panggang dengan chimichurri, yakni saus peterseli. 

Selain itu untuk takjil mereka memiliki empandada, kue gurih yang terbuat dari daging giling atau sayuran. Sedangkan untuk menu dessert ada pancake dulce de leche dengan saus karamel dengan toping buah segar. Sedangkan untuk minumannya, umat muslim Argentina lebih suka menikmati teh herbal yanng berasal dari tanaman yerba mate.

2. Australia- Lentil Soup

halal snack pack dari Australia

Photo :
  • aljazeera

Umat muslim yang ada di Australia memiliki menu utama yang disebut dengan 'halal snack pack', sebuah makanan pinggir jalan yang populer. Menu ini berupa daginng domba yang ditaruh di ataas keripik pedas dan disiram bawang putih dan saus barbeque.

Ada juga lentil sup, yang berisikan sayuran. Ada pula lamingtons, kue bolu yang dilapisi coklaat, dan diisi dengan selai dan dilapisi dengan kelapa kering.

3. Bosnia dan Herzegovina- Pita Krompirusa

Pita Krompirusa

Photo :
  • aljazeera

Umat muslim di Bosnia dan Herzegovina memiliki menu pembuka berupa pita krompirusa, hidangan panggang yang terdiri dari lapisan phyloo tipis dengan isian kentang tumbuk, bawang bombay dan rempah-rempah. 

Ada juga topa, keju leleh dan mentega yang dimasak perlahan Selain itu ada juga hurmasica makanan penutup yang disiram dengan sirup manis. Umtuk minuman sendiri ada sok od drenjina, minuman populer yang terbaut dari buah ceri cornelian.


4. Mesir- Stuffed grape leave

stuffed grape leaves dari Mesir

Photo :
  • aljazeera

Umat muslim di Mesir memiliki sejumlah menu makanan berbuka. Mulai dari stuffed grape leaves, berupa nasi yang dicampur dengan daging cincang dan rempah-rempah yang dibungkus daun anggur.

Ada juga molokhuya, sup yang daun rami cincang yanng diolah dengan bawang putih dan ketumbar. Sup ini sering dipasangkan dengan kunafa, makanan penutup yang bercita rasa manis. 

5. India- Ghugni

Gughni dari India

Photo :
  • aljazeera

Umat muslim di India memiliki menu makanan unik yakni ghuhi, kari yang terbuat dari kacang polong atau buncis, yang dimasak dengan bawang bombay, tomat dan berbagai bumbu.

Sebagai pelengkap ada pakora, sayuran goreng yang dibuat dengan bawang bombay dan cabai hijau. Sementara itu untuk dessert ada suji halwa, puding semolina yang dimasak dengan ghee dan gula dan ditaburi kacang di bagian atasnya.

6. Nigeria- Jollof Rice

Jollof Rice

Photo :
  • aljazeera

Umat muslim di Nigeria memiliki menu berbuka berupa nasi jollof yakni nasi merah aromatik yang disajikan dengan ayam. Ada juga moi-moi, puding gurih yang terbuat dari kacang polong atau buncis.

Selain itu, umat muslim di Negeria juga memiliki menu minuman zobo, yang terbuaat dari bunga kembang sepatu kering.

7. Pakistan- Dahi Baray

Dahi Baray

Photo :
  • aljazeera

Sama seperti di Indonesia, umat muslim di Pakistan juga memiliki takjil gorengan berupa dahi baray, sejenis gorongan yang disiram dengan youghurt di atasnya dan diberikan dengan chutney yang bercita rasa manis dan pedas. 

Ada juga salad buah bercita rasa manis dan gurih yang ditaburi chaat masala. Ada juga menu jalebi, jajanan yang terbuat dari tepung dan gula sebagai menu penutup.

8. Palestina - Makloubah

Makloubah

Photo :
  • aljazeera

Menu berbuka puasa umat muslim di Palestina yang populer adalah maklouba, hidangan nasi beraroma dengan potongan irisan terong, daging dan sayuran yang dimasak bersama di dalam panci.

Terdapat juga dagga, salad tomat dan mentimun yang dilumuri minyak zaitun. Untuk menu penutup ada katayif, sejenis pancake yang diisi dengan kenari atau keju yang dicelupakan ke dalam sirup. 

9. Afrika Selatan - Pap En Vleis

Pap En Vleis

Photo :
  • tripadvisor

Menu buka puasa umat muslim Afrika Selatan ada pap en vleis, sejenis bubur jagung yang dimakan dengan daging panggang. Selain itu ada juga chakalaka, sayuran pedas yang dibuat dengan bawang bombay, tomat, wortel, kacang-kacangan dan rempah-rempah. Sementara untuk hidangan penutup ada koeksister, doat goreng kepang yanng disiram dengan sirup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya