RESEP: Nikmatnya Roti Sobek Pandan Kukus

Roti Sobek Pandan Kukus
Sumber :
  • Cookpad

VIVA – Sajian roti memang paling nikmat disatap sebagai teman minum teh atau kopi. Bukan hanya disajikan sebagai roti bakar atau roti panggang saja, belakangan roti kukus juga menarik perhatian. Bahkan untuk menyantap roti kukus, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Menu Buka Puasa Cumi Saus Tiram Kenyal dan Empuk Ala Chef Devina Hermawan

Roti kukus aroma pandan bisa jadi menu pilihan yang Anda buat di rumah. Karena sangat cocok disantap bersama keluarga, roti ini juga bisa dibat besama buah hati di rumah. Berikut ini resep roti kukus pandan dari Liena yang diunggah di laman Cookpad.

Roti Sobek Pandan Kukus

Resep Praktis Ayam Kukus Jahe ala Chef Olivia Tommy untuk Berbuka dan Sahur

Bahan Biang :
- 100 ml Susu cair hangat
- 4 sdm Gula pasir
- 1 sdm Fernipan
- 150 gram Tepung Segitiga Biru
- 100 gram Tepung Kunci Biru
- 1 butir Kuning Telur
- 50 gram Margarin
- Sejumput garam
- 2 tetes pewarna makanan hijau

Cara membuat

Resep Martabak Telur Simple Cocok untuk Menu Buka Puasa

1. Campurkan dalam gelas bahan biang terlebih dahulu aduk rata sampai gula larut dan diamkan selama 10 menit sampai berbuih.

2. Dalam baskom masukkan terigu segitiga biru, kunci biru, kuning telur, garam dan pewarna aduk rata lalu tuang biang sedikit demi sedikit jangan di tuang semua biangnya. Jika dilihat sudah pas jangan tuang lagi agar adonan tidak terlalu lembek dan lengket.

3. Setelah itu uleni sampai setengah kalis dan terakhir masukkan margarin dan kembali uleni lagi sampai benar- benar kalis elastis.

4. Lalu, tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab yang bersih dan diamkan selama 20 menit sampai mengembang.

5. Setelah mengembang kempiskan adonan dan ulen sebentar tujuannya membuang udara dalam adonan lalu bagi adonan dan timbang seberat 40 gram

6. Tata adonan itu dalam loyang dan beri jarak karena adonan akan mengembang diamkan kembali selama 45 menit. (Tergantung suhu ruangan rumah sampai mengembang)

7. Sambil menunggu adonan mengembang panaskan panci kukus, masukkan adonan, kukus selama kurang lebih 25 menit menggunakan api besar (Note : tutup panci tutup dengan serbet bersih agar air tidak menetes dalam adonan)

8. Setelah roti matang jangan di buka dulu tutup panci nya agar roti tidak mengempis diamkan dulu selama 2 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya