Nikmatnya Sajian 5 Jenis Kerang di Satu Piring dengan 4 Pilihan Saus

Mixed 5 kind of Shells dengan saus padang di Santika Premiere Hotel Jakarta Hayam Wuruk
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Makanan laut atau seafood digemari masyarakat Indonesia, salah satunya adalah kerang. Meski terbilang tinggi kolesterol, kerang tetap menjadi primadona lantaran rasanya yang nikmat dan pengolahan kerang yang cukup mudah.

Makan Sushi di Restoran, Kerangnya Masih Bergerak-gerak

Santika Premiere Hotel Jakarta Hayam Wuruk pun menjadikan kerang sebagai sajian khusus di bulan Januari ini. Sajian itu meliputi Shirazi Salad dan Mixed 5 kind of Shells dengan empat pilihan saus, yakni saus padang, barbeque, blackpaper hingga Singapore.

Executive Chef Santika Premiere Hotel Jakarta Hayam Wuruk, Freddy Demianus menjelaskan bahwa untuk menu Mixed 5 kind of Shells, para tamu akan disuguhkan dengan lima jenis kerang, yakni kerang hijau, kerang tahu, kerang bambu, kerang kipas dan kerang dara.

Jangan Galau Konsumsi Kerang

Dalam pengolahannya, kerang yang segar direbus menggunakan bawang putih dan jahe. Penggunaan bawang putih dan jahe, kata dia, untuk menghilangkan bau amis. Setelah matang, kemudian dibuat sausnya. 

VIVA berkesempatan untuk memilih sajian kerang dengan saus padang. Freedy menyebut, untuk saus padang, dirinya hanya menggunakan sambal tomat, saus sambal, dan bawang bombay. “Terakhir dilakukan seasoning,” katanya di Jakarta, Kamis, 10 Januari 2019.

Kerang Bisa Bangkitkan Gairah Seks Wanita, Mitos atau Fakta?

Ketika sajian itu disuguhkan di atas meja, aroma wangi segar dari saus padang langsung tercium. Sajian itu makin menggugah selera dengan warna saus padang yang begitu menggoda.

Mixed 5 kind of Shells di Santika Premiere Hotel Jakarta Hayam Wuruk

Saat pertama kali mencicipi saus padang sulit untuk mendeskripsikan karena sausnya sangat lezat dan begitu seimbang antara segar dan gurihnya saus. Kerang-kerangnya pun terasa segar tanpa bau amis sama sekali.

Untuk tekstur dan rasa dari daging kerang kipas sendiri cukup unik lantaran seperti otak-otak namun agak kenyal. Sedangkan untuk tekstur kerang bambu cukup kenyal namun dengan sedikit tekstur crunchy. Semua berpadu sempurna hingga suapan terakhir.

Selain itu, VIVA juga sempat mencicipi Shirazi Salad. Salad yang terdiri dari beberapa bahan, seperti selada, potongan tomat, buah alpukat ditambah dengan kerang kipas. Saladnya pun terasa segar dengan kerang yang sangat enak meskipun tanpa tambahan saus apa pun.

Untuk menu Mixed 5 kind of Shells dihargai Rp130 ribu. Sedangkan untuk Shirazi Salad sebesar Rp60 ribu. (ase)

 Shirazi Salad di Santika Premiere Hotel Jakarta Hayam Wuruk,

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya