Agar Awet, Ini Tips Bersihkan Wajan Cast Iron

Wajan cast iron.
Sumber :
  • Pixabay/WikimediaImages

VIVA – Bagi ibu rumah tangga, perabotan memasak adalah salah satu aset yang cukup berharga. Memiliki perabotan masak yang mahal dan berkualitas bisa dibilang dapat menghemat pengeluaran untuk beberapa tahun ke depan. Termasuk, wajan cast iron atau berbahan baja hitam.

Gak Cuma Lezat dan Sehat, Masak Pakai Ini Bisa Bantu Diet

Wajan cast iron menjadi favorit bagi ibu rumah tangga. Selain memiliki keunggulan bisa memasak dengan sedikit minyak, memasak dengan wajan baja hitam mampu membuat makanan enak dikonsumsi dan menjaga makanan tetap baik. Saking berharganya, wajan jenis ini pun harus dirawat dengan baik termasuk dalam mencucinya setelah digunakan. Untuk membuat wajan ini tetap awet, perlu tahu bagaimana mencucinya dengan benar. Berikut ini cara mencuci wajan cast iron yang dilansir dari laman Taste of Home. 

1. Langsung membersihkan wajan setelah digunakan

Alat Masak Anti Lengket Picu Kanker?

Pastikan Anda langsung membilas wajan Anda segera setelah memasak. Ini bertujuan untuk mencegah sisa makanan lengket seperti telur atau saus jadi mengeras dan lengket di wajan. Selain membilas wajan, Anda juga bisa menuangkan segelas air panas ke dalam wajan saat masih berada di atas kompor, kemudian tunggu sampai wajan cukup dingin untuk dipegang, dan segera dicuci.

Sebaiknya hindari meninggalkan wajan Anda di bak cuci piring, dan minimalkan wajan kontak dengan air. Merendam panci panas dalam air dingin dapat menyebabkan permukaan panci retak. 

3 Trik Simpel Menggoreng Makanan Supaya Tak Lengket di Wajan

2. Gunakan air panas dan sabun

Selama ini banyak anggapan bahwa sabun pencuci piring ampuh hilangkan minyak dan sisa bumbu di wajan anti lengket, padahal ada trik lain. Gunakan sedikit air hangat untuk membantu sabun menuntaskan lemak hingga bau yang menempel di wajan.

Saat mencuci wajan, hindari menggosok wajan dengan keras. Jika ada bekas masakan yang sulit dibersihkan, sebaiknya gunakan sikat berbahan nilon, dan gosoklah perlahan dengan lembut.

3. Keringkan dengan baik

Alih-alih meninggalkan panci di rak agar mengering, segera lap dengan kain atau handuk kertas. Ini akan mencegah karat. Anda juga dapat meletakkannya di atas kompor yang dipanaskan selama satu atau dua menit agar benar-benar kering. (ldp)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya