3 Trik Simpel Menggoreng Makanan Supaya Tak Lengket di Wajan

Ilustrasi masak atau wajan.
Sumber :
  • Pixabay/Kropekk_pl

VIVA – Memasak sarapan sebelum bekerja adalah hal yang luar biasa. Salah satu menu sederhana yang sering dimasak untuk sarapan adalah telur orak-arik karena mudah dan tidak membutuhkan waktu banyak.

Mudah Banget! Ini Cara Membuat Kulit Risol Anti Robek

Namun memasak sarapan bisa menjengkelkan ketika telur orak-arik lengket di wajan seperti cat dan meninggalkan noda gosong serta kerak di wajan. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan memasaknya dengan wajan antilengket, namun banyak panci antilengket yang karena terlalu sering digunakan atau salah penggunaannya justru menyebabkan lapisan antilengketnya terkelupas sehingga membuat makanan rentan menempel.

Lalu mengapa memasak seperti telur atau ikan sangat mudah menempel di wajan? Alasannya ternyata karena makanan tersebut membentuk ikatan kimia dengan wajan. Jadi untuk mencegah hal itu terjadi, Anda akan membutuhkan semacam pelumas, seperti minyak atau mentega, yang berfungsi sebagai penahan antara wajan dan makanan Anda. Jika Anda tidak memilikinya bisa meningkatkan risiko terbentuknya ikatan kimia dan makanan Anda menjadi lengket.

Manfaatkan Inovasi Balai Kemenperin, Produksi IKM di Aceh Naik Dua Kali Lipat

Nah, berikut ini tiga cara yang harus Anda lakukan untuk mencegah terjadinya lengket saat menggoreng makanan di wajan, seperti dilansir dari My Recipes.

1. Bumbui wajan

Trik Bersihkan Bekas Gosong di Wajan Pakai 3 Bahan Dapur

Jika Anda tidak menggunakan wajan antilengket, Anda harus memastikan wajan Anda dibumbui untuk membentuk lapisan pelindung yang dapat bertindak sebagai penahan dan mencegah makanan dari lengket. Melakukannya pun sangat mudah, dengan menggosok wajan dengan sedikit minyak canola atau minyak nabati (dibutuhkan minyak netral) dan masukkan ke dalam oven dengan suhu 425 derajat F selama 30 menit atau lebih. Lakukan beberapa kali untuk membuat lapisan tersebut.

2. Pastikan wajan panas

Makanan yang dimasak dalam wajan dan minyak panas sebenarnya akan melindungi wajan dengan lapisan uap. Uap adalah hasil dari air yang dipanaskan di atas 212 derajat F, jadi jika Anda memasak dalam suhu dan minyak tidak panas akan membuat makanan lengket di wajan.

Ilustrasi wajan anti lengket atau teflon

3. Keringkan makanan

Mengeringkannya akan mengurangi kemungkinan makanan lengket di wajan. Jika makanan sangat basah, Anda harus menguapkan lebih banyak air dari permukaan untuk mendapatkan penahan uap. Jadi semakin kering makanannya, semakin baik.

Setelah menguasai teknik ini, Anda tidak perlu bergantung pada wajan antilengket untuk memasak. Anda akan suka menggoreng telur dalam wajah biasa, membuat roti panggang di wajan stainless steel, atau bahkan membalikkan pancake dalam wajan karbon. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya