Tips Buat Thai Tea Sendiri Agar Rasa Tetap Nikmat

Thai tea
Sumber :
  • VIVA/Rintan Puspitasari

VIVA – Thai tea belakangan memang tengah naik daun, rasanya yang manis dan menyegarkan membuat minuman ini banyak disukai. Tak ayal, jumlah pedagang yang menjual minuman asal Thailand ini semakin menjamur. Meski memiliki rasa khas, tak sedikit penjual yang mencampur terlalu banyak kental manis di dalamnya sehingga rasa dominan yang keluar justru seperti susu. 

Bisnis Thai Tea, Cuan di Tengah Persaingan yang Semakin Ketat

Ingin mencoba buat Thai Tea sendiri di rumah atau ingin menyajikan untuk orang terkasih, berikut ini resep membuat Thai tea dari Tom Tom Pacific Place, restoran yang menyajikan hidangan otentik Thailand dalam acara Swipe Gold yang digelar Zomato dan Tom Tom, Minggu, 24 Februari 2019. 

"Thai tea biasanya berupa bubuk, tapi kita buat fresh, brewing dari tea milk pakai teh asli. Yang membedakan memakai daun teh asli, sehingga rasa dan aroma keluar," kata Chiko, Markom Manager Tom Tom. 

Tren Minuman Kekinian, Thai Tea Masih Jadi Primadona

Bahan:

Black tea
50 gram gula pasir
20-38 gram creamer
185 gram kental manis
air panas

Mau Jadi Pengusaha Thai Tea? Siapkan Modal Rp3 Jutaan

Cara membuat:

1. Masukkan daun teh dan air, sampai teh di permukaan terendam air. 

"Suhu air 100 derajat Celsius agar aroma keluar dan teh tercampur baik," kata Hendra, Head of Barista Tom Tom memberi tips.

2. Waktu brewing sekitar 15  menit.

"Yang diperlukan saat proses brewing adalah saringan kain agar ampas tidak kena. Tunggu teh keluar warna baru mulai pencampuran. Jangan sampai teh belum matang dicampur bahan lain, nanti rasanya enggak keluar," imbuhnya. 

3. Masukkan gula pasir, aduk sampai larut. 

"Jangan gunakan gula cair karena ada konten airnya, kalau pakai gula pasir, gula mencair sendiri sehingga tidak ada konten air."

4. Masukkan kental manis, aduk.

5. Masukkan creamer

"Creamer ini untuk membuat rasa gurih dan memperkuat aroma asli teh," katanya mengakhiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya