Cicip Nikmatnya Oktopus Bakar Khas Argentina

Bife de chorioz khas Argentina Ala Sudestada Resto
Sumber :
  • Viva.co.id/Isra

VIVA – Jika berbicara Argentina, mungkin pikiran kita akan tertuju dengan sepak bolanya. Ya, Argentina memang dikenal dengan pemain bola yang handal. Sebut saja, Lionel Messi, hingga legenda Maradona. 

Langka Banget Nih, Restoran Autentik Argentina Buka di Jakarta

Namun siapa sangka, negara latin ini juga memiliki kekayaan kuliner yang lezat. Sebuah restoran, Sudestada di Gondangdia Jakarta Pusat baru saja di buka. Pemilik Sudestada, Chef Victor Taborda menyebut restoran ini memang menyajikan masakan otentik dari Argentina.

Siang ini, VIVA pun dijamu dengan berbagai makanan otentik asal Argentina, mulai dari Beef Pepperoni Pizza, Hand cut Beef Empanadas, matambre, hingga Bife de chorizo. Untuk Beef Pepperoni Pizza dijelaskan oleh Chef Victor ini memang berbeda dengan pizza asal Italia. 

Sri Mulyani Pede Inflasi Melandai di Kuartal-II 2024 Seiring Turunnya Harga Beras

"Ini pizza resep dari nenek saya yang dibawa dari Italia, berbeda dengan pizza Italia, pizza Argentina ini lebih banyak keju mozzarellanya, dan tekstur pizzanya lebih tebal dibandingkan dengan pizza Italia, dan pizza ini juga tidak ada gosongnya," kata dia saat menjamu awak media di Sudestada, Jakarta Pusat, Rabu 20 Maret 2019. 

Sedangkan untuk Hand cut Beef Empanadas ini sendiri merupakan sejenis pastel seperti Indonesia. Bedanya jika pastel di Indonesia berisi sayuran pastel ini berisikan dengan smoked beef dan disajikan bersama dengan chimichurri sauce. 

Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga

Hand cut Beef Empanadas khas Argentina Ala Sudestada Resto

"Chimichurri ini sauce khas di Argentina terdiri dari olive oil, garlic, parsley dan chilli yang taste-nya manis," jelas dia. 

Untuk menu Pulpo con papas y salchica adalah sajian octopus yang digrill dan disajikan bersama dengan potongan sosis, kentang dan garlic mayonaise. Lalu ada menu matambre ini merupakan sajian rose meat yang digrill yang disugugkan dengan garlic fried rice. Lalu untuk menu bife de chorizo merupakan sajian daging sapi striploin dengan kentang goreng. 

Pulpo con papas y salchica khas Argentina Ala Sudestada

Semua menu di atas itu pun sempat dicicipi oleh VIVA. Untuk menu Hand cut Beef Empanadas ini, daging isiannya memiliki aroma yang begitu wangi. Soal rasa dagingnya sendiri terbilang gurih, dan memiliki tekstur kenyal namun tidak alot. Sajian ini semakin terasa segar dengan cocolan chimichurri sauce. 

Untuk hidangan kedua yakni Beef Pepperoni Pizza ini benar-benar kaya akan keju mozarela yang lumer di mulut ketika dimakan. Untuk tekstur pizzanya sendiri juga terbilang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Kemudian sajian ketiga yakni pulpo con papas y salchica, grill gurita cukup gurih dan memiliki tekstur yang kenyal tetapi tidak keras atau alot ketika dikunyah. 

Beef Pepperoni Pizza Ala Sudestada Resto

Lalu sajian selanjutnya adalah Matambre, memiliki keunikan daging ketika masuk di mulut. Dagingnya sendiri memiliki tekstur yang crunchy dan cukup fatty ketika masuk di mulut. Daging ini semakin terasa nikmat dengan menambah cita rasa wangi dari olive oil dan pedasnya terasa halus di mulut. 

Matambre khas Argentina, Ala Sudestada Resto

Untuk sajian Bife de chorioz juga tidak kalah menariknya. Sajian daging ini memiliki tekstur yang juice, dan melted di mulut. Meski hanya diberikan garam tetapi rasa alami dari daging sapi ini begitu terasa. 

Bife de chorioz khas Argentina Ala Sudestada Resto

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya