5 Kuliner Ethiopia Paling Populer di Dunia, Nomor 2 Daging Mentah

Beyainatu, kuliner khas Ethiopia.
Sumber :
  • trycaviar.com

VIVA – Selama ini yang orang tahu tentang Ethiopia adalah bahwa negara tersebut merupakan salah satu negara termiskin di dunia. Namun, banyak yang tak tahu bahwa Ethiopia punya berbagai hal yang bisa mereka banggakan. Salah satunya adalah kuliner khasnya.

Timnas Indonesia Naik ke Rangking 145 FIFA, Masih Kalah dari Suriname dan Ethiopia

Kuliner Ethiopia umumnya terdiri dari beragam sayur-sayuran dan seringkali hidangan-hidangan olahan daging yang sangat pedas. Mulai dari sup dengan kuah kental, tumisan, daging panggang atau bakar dan sebagainya.

Berikut ini adalah lima kuliner Ethiopia yang populer dan wajib dicoba, dilansir dari CNN International, Senin, 25 Maret 2019.

Cicip Kopi Arabika Ethiopia dengan Aroma Buah dan Bunga yang Intens

1. Kitfo

HRW: Arab Saudi Bunuh Ratusan Migran Ethiopia di Perbatasan

Terbuat dari daging sapi yang tak berlemak, kitfo sebenarnya hampir sama dengan steak tartare khas Prancis. Daging dicincang dan dipanaskan di atas penggorengan dengan sedikit butter, campuran rempah mitmita dan terkadang thyme.

Kitfo juga bisa disajikan mentah maupun matang. Warga lokal biasa menyantapnya bersama alb, keju cottage kering dan gomen alias bayam cacah.

2. Tere Siga

Yang satu ini terbilang ekstrem karena terdiri dari daging merah dan lemak yang dipotong dadu, kemudian dimakan dalam kondisi mentah. Umumnya, tere siga dimakan bersama injera alias roti pipih Ethiopia atau roti biasa dan dicocol ke campuran aneka rempah bubuk.

Masyarakat Ethiopia gemar mengonsumsi daging mentah karena pada abad ke-16 dulu, makan daging mentah merupakan taktik militer. Itu dilakukan untuk menghindari keberadaan mereka diketahui musuh dari api yang dinyalakan untuk memasak.

3. Tibs

Tibs terdiri dari daging sapi atau kambing yang ditumis bersama bawang putih dan bawang bombai. Ini merupakan salah satu kuliner Ethiopia yang populer di kalangan warga lokal. Terdapat beberapa variasi tibs. Yang menjadi favorit adalah yang dimasak langsung di meja restoran menggunakan kompor clay pot tradisional dan kayu bakar.

4. Beyainatu

Ini adalah hidangan vegetarian Ethiopia yang paling terkenal. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, 'beyainatu' artinya 'sedikit dari semua jenis'. Tak heran, karena kuliner ini terdiri dari roti pipih injera yang diberi aneka macam sayur mayur, kentang, kari, lentil dan masih banyak lagi.

Hidangan berwarna-warni tersebut lantas dinikmati menggunakan tangan dengan cara merobek roti, lalu mengambil lauk dan saus pendampingnya.

5. Doro Wot

Wot adalah kari versi Ethiopia yang biasanya terbuat dari daging sapi, kambing atau ayam. Wot umumnya dinikmati dengan berbagai jenis sayuran, terkadang ditambah sedikit keju dan tentu saja roti injera sebagai karbohidratnya. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya