HRW: Arab Saudi Bunuh Ratusan Migran Ethiopia di Perbatasan

Para migran Euthopia
Sumber :
  • Al-Monitor

VIVA Dunia – Pasukan perbatasan Saudi telah membunuh ratusan migran dari Ethiopia yang mencoba menyeberang ke kerajaan Arab Saudi dari Yaman selama 18 bulan terakhir, menurut sebuah kelompok hak asasi manusia Human Rights Watch.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Human Rights Watch yang berkantor di New York menuduh dalam laporan setebal 73 halaman bahwa pasukan keamanan “menembakkan senjata peledak” ke arah para migran dan bahkan dalam beberapa kasus menanyakan anggota tubuh mana yang mereka pilih untuk ditembak.

“Pejabat Saudi membunuh ratusan migran dan pencari suaka di daerah perbatasan terpencil ini di luar pandangan dunia,” kata Nadia Hardman, peneliti hak pengungsi dan migran di HRW. “Penjaga perbatasan Saudi tahu atau seharusnya tahu bahwa mereka menembaki warga sipil yang tidak bersenjata,” lanjutnya, mengutip Financial Times, dilansir Senin, 21 Agustus 2023. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

VIVA Militer: Pasukan keamanan Kerajaan Arab Saudi.

Photo :

Arab Saudi adalah rumah bagi ratusan ribu pekerja Ethiopia. Sementara banyak yang bermigrasi karena alasan ekonomi, banyak yang melarikan diri karena pelanggaran hak asasi manusia oleh pemerintah mereka, termasuk selama konflik bersenjata baru-baru ini di Ethiopia utara, menurut HRW. Migran dan pencari suaka dari negara itu selama beberapa dekade menggunakan rute dari Teluk Aden, melalui Yaman dan ke Arab Saudi, kata kelompok itu.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Tuduhan dalam laporan HRW akan menambah pengawasan pada catatan hak asasi manusia Riyadh pada saat Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang kini memimpin kerajaan, semakin disambut kembali ke dunia internasional lima tahun setelah agen Saudi membunuh veteran Jurnalis Jamal Khashoggi.

Badan intelijen AS menyimpulkan bahwa Pangeran Mohammed pasti telah mengesahkan operasi 2018 untuk menangkap atau membunuh Khashoggi ketika jurnalis tersebut mengunjungi konsulat Saudi di Istanbul. Putra mahkota membantah terlibat dan Riyadh menyalahkan pembunuhan itu atas operasi nakal.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, para pemimpin Barat telah terlibat dengan Arab Saudi saat mereka mencari kerja sama kerajaan dalam berbagai masalah mulai dari stabilitas energi hingga kebijakan regional dan perang Rusia di Ukraina.

HRW mengatakan laporannya didasarkan pada wawancara dengan 42 orang, termasuk puluhan migran Ethiopia, yang mencoba melintasi perbatasan Saudi-Yaman antara Maret 2022 dan Juni tahun ini. Dikatakan juga telah menganalisis lebih dari 350 video dan foto yang diposting di media sosial atau dikumpulkan dari sumber lain, serta citra satelit dari wilayah perbatasan.

Seorang migran mengatakan kepada HRW bahwa dari satu kelompok yang terdiri dari 170 orang yang mencoba melintasi perbatasan, dia tahu setidaknya 90 orang terbunuh “karena beberapa kembali untuk mengambil mayat”. Orang lain yang menceritakan insiden terpisah menggambarkan mayat "tersebar di mana-mana" dan anak-anak termasuk di antara yang mati.

Laporan tersebut mengutip Dahabo, seorang warga Ethiopia berusia 20 tahun, yang mengatakan: “Segera setelah kami tiba (di perbatasan), mereka menembaki kami. Banyak orang sekarat. Dalam kelompok yang terdiri dari 200 migran, hanya 50 orang yang selamat.”

“Orang-orang yang menembak kami adalah militer pemerintah Saudi,” katanya kepada HRW. “Semua orang tahu itu adalah militer Saudi, para penyelundup memberi tahu kami, mereka adalah militer Saudi, mereka adalah penjaga perbatasan,” lanjutnya.

Yaman, negara termiskin di dunia Arab, selalu rusuh oleh perang saudara sejak 2014, dengan pemberontak Houthi yang didukung Iran menguasai sebagian besar utara, sementara faksi Yaman yang didukung oleh Arab Saudi dan Uni Emirat Arab menguasai selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya