Biden Blusukan ke Maui Hawaii Pasca Kebakaran Hebat, Donald Trump Julid

Presiden AS Joe Biden bersama Ibu Negara Jill Biden mendarat di Tahoe, Nevada
Sumber :
  • AP Photo/Evan Vucci

Hawaii – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden berangkat menuju Hawaii, pada Senin, 21 Agustus 2023, untuk melihat kerusakan yang meluas dari kebakaran hutan Maui baru-baru ini. Nantinya, Biden akan bertemu dengan para penyintas dan menangkis kritik politik bahwa pemerintahnya terlalu lambat untuk menanggapi bencana tersebut. 

Keren, Batik Indonesia Paling Banyak Diekspor ke Amerika Serikat dan Jerman

Tidak ada perincian langsung tentang rencana perjalanan Biden dan Ibu Negara Jill Biden, atau identitas orang-orang yang akan mereka temui saat mereka tiba di Maui. 

Deanne Criswell, administrator dari Federal Emergency Management Agency (FEMA), mengatakan bahwa Biden akan melihat kehancuran yang sebeneranya di pulau Maui. 

Joe Biden Dikecam karena Diam Saat Israel Menghadapi Ancaman Surat Perintah Penangkapan

Dampak kebakaran di Lahaina, Hawaii

Photo :
  • AP Photo/Jae C. Hong

"Dia akan dapat melihat apa yang saya lihat ketika saya pergi ke Maui minggu lalu, dan benar-benar mengalami kehancuran yang total,yang terjadi saat ini," ujarnya, dikutip dari The Sundaily, Senin, 21 Agustus 2023. 

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

"Dia juga akan dapat berbicara dengan orang-orang dan mendengar cerita mereka serta memberikan rasa harapan dan jaminan bahwa pemerintah federal akan bersama mereka," kata Criswell. 

Dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, Biden menyampaikan duka cita yang mendalam bagi seluruh masyarakat Maui yang terkena dampak. 

“Saya tahu betapa besar kehilangan dapat berdampak pada keluarga dan komunitas, saya juga tahu tidak ada yang dapat menggantikan kehilangan nyawa. Saya akan melakukan segala daya untuk membantu Maui pulih dan membangun kembali dari tragedi ini.” 

Biden mengeluarkan deklarasi bencana besar di Maui, pada 10 Agustus 2023, dua hari setelah kebakaran dahsyat terjadi. Pengumuman itu untuk mempercepat pendanaan dan bantuan federal ke daerah tersebut. 

Tetapi, beberapa kritikus, termasuk para penyintas yang tidak puas dengan penanganan pemerintah federal di Hawaii. Beberapa Republikan juga mengatakan bahwa bantuan federal tidak memadai dan tidak terorganisir dengan baik. 

Mantan presiden Donald Trump mengkritik secara gamblang dengan menekankan bahwa tindakan Biden yang lamban sungguh memalukan. 

Meski demikian, juru bicara Gedung Putih mengatakan Biden menunda perjalanannya ke Hawaii agar tidak mengganggu pejabat dan penyelamat di lapangan dari upaya pemulihan wilayah tersebut pasca dilanda kebakaran hebat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya