Tips Menyimpan Sisa Makanan di Kulkas, Dari Roti Sampai Sup

Ilustrasi lemari es.
Sumber :
  • Instagram/@well_arranged_home

VIVA – Makanan yang tak habis dimakan atau sisa makanan, tentu saja sayang untuk dibuang. Apalagi kalau kondisi makanan masih layak dimakan kembali. Solusinya, banyak orang memilih memasukkan makanan sisa ke dalam lemari es, dan menghangatkannya kembali ketika ingin dikonsumsi.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Namun, menyimpan sisa makanan bukanlah perkara yang mudah. Jika, salah menyimpannya malah justru bisa membuat penyakit bagi Anda ketika makanan itu dikonsumsi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menyimpan sisa makanan yang baik dan benar.

Berikut ini metode untuk menyimpan tujuh sisa makanan, seperti dilansir dari laman Reader’s Digest, Senin, 29 April 2019.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

1. Roti

Jaga roti Anda tetap segar dengan menyimpannya di dalam kotak roti, di mana roti sisa dapat bertahan lima hingga tujuh hari melewati best use (atau dua hingga tiga hari untuk roti segar).  Perpanjang masa simpannya hingga enam bulan di dalam freezer, simpan di dalam tas yang aman-freezer atau bungkus roti dengan aluminium foil.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Ilustrasi roti.

2. Kue

Kue dapat tetap segar jika disimpan pada suhu ruangan, namun hal ini tidak berlaku bagi kue berbasis susu atau dibuat dengan buah segar.  Kue dapat bertahan sekitar tiga hingga empat hari di meja. Sedangkan kue yang didinginkan kehilangan kualitasnya setelah sekitar dua hari.

Ilustrasi kue ulang tahun.

3. Ayam

Sisa makanan bisa disimpan tiga hingga empat hari di lemari es. Akan lebih mudah jika mengeluarkan tulang dari daging ayam selagi panas, jadi potong ayam dan simpan daging dalam wadah kedap udara. Jangan lupa untuk menyimpan sisa ayam ke wadah yang aman dan Anda bisa mengolahnya kembali.

Ilustrasi ayam goreng.

4. Makanan laut yang telah dimasak

Makanan laut kehilangan kualitasnya dengan cepat, jadi kami tidak akan merekomendasikan memasaknya lebih dari yang Anda butuhkan.  Jika Anda memiliki sisa, biarkan hingga dingin sebelum membungkusnya dengan bungkus plastik.

Mengonsumsi seafood yang paling baik setelah disimpan adalah pada hari berikutnya. Tetapi seafood yang telah dimasak dapat bertahan tiga hingga empat hari di lemari es.

Kuliner Seafood Kepiting

5. Nasi

Pastikan untuk mendinginkannya secepat mungkin karena sifatnya yang lembap. Sebab, nasi bersuhu ruangan dapat mulai menumbuhkan bakteri hanya dalam dua jam. Jika didinginkan dan disimpan dengan benar dalam wadah kedap udara, nasi akan bertahan sekitar tiga hingga empat hari di lemari es.

Nasi putih.

6. Sayuran panggang

Sisa sayuran panggang dapat disimpan dengan baik di dalam lemari es selama tiga hingga empat hari. Sisa sayuran panggang ini bisa disuguhkan bersama dengan sepiring telur, sup atau salad. Wadah kedap udara paling baik untuk sayuran panggang, meskipun Anda juga bisa menyimpannya dalam mangkuk yang dibungkus dengan plastik.

Ilustrasi sayuran organik.

7. Sup dan semur

Sup dan semur hampir selalu terasa lebih enak di hari berikutnya. Sup dalam wadah kedap udara di lemari es bisa bertahan selama tiga hingga empat hari. Membekukan sup juga dapat memperpanjang masa simpannya selama empat hingga enam bulan. (ldp)

Ilustrasi memasak dengan gas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya