Tips Hilangkan Kerak Gosong pada Panci

Spons pencuci piring.
Sumber :
  • Pixabay/congerdesign

VIVA – Memasak nasi merupakan pekerjaan yang terbilang mudah. Anda cukup membersihkan beras kemudian menaruhnya di dalam rice cooker dan menambahkan air sebelum dimasak. Cara ini terbilang cukup mudah, namun tidak sedikit ibu yang memilih memasak nasi secara tradisional.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Ya, ada sebagian ibu yang memilih memasak nasi menggunakan panci dan kompor karena kebiasaan turun temurun. Namun, untuk memasak nasi menggunakan panci ini terbilang cukup berisiko. Pasalnya, jika tidak cermat dalam memasaknya, nasi bisa gosong dan menimbulkan kerak gosong di bagian dasar panci.

Tentu saja, mencuci panci gosong adalah pekerjaan yang cukup menyebalkan. Jjika mencucinya menggunakan sikat besi dapat merusak atau menggores panci. Jika merendamnya menggunakan air untuk melepas kerak itu perlu memakan waktu semalaman.  

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Namun, baru-baru ini, ada ibu rumah tangga yang tergabung dalam komunitas online, Mums Who Clean mengajukan pertanyaan tentang bagaimana membersihkan kerak nasi yang gosong pada panci.

Salah satu anggota komunitas tersebut menyarankan untuk mengisi panci dengan air mendidih dan tutup panci. Biarkan semalaman sebelum dicuci. Anda pun tidak perlu menggosoknya karena kerak akan terlepas dari permukaan panci dengan sendirinya. Demikian dilansir dari Reader’s Digest, Minggu, 5 Mei 2019.

dr. Zaidul Akbar: Begini Cara Mengolah Daging yang Sehat

Namun, Ada juga yang mengatakan bahwa Anda tidak perlu meninggalkan panci itu semalaman.

"Rebus air di dalam panci itu. Ini berhasil dan Anda tidak mengggosoknya," kata salah satu anggota.

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024