Jarang Diketahui, Cara Cepat dan Mudah Potong Kubis

Sayur kubis.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kubis atau yang dikenal masyarakat Indonesia dengan kol merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah diolah. Mulai dari sebagai tambahan tongseng, sayur sop hingga sebagai lalapan. Bukan hanya mudah diolah, harga kol yang murah dan manfaat kesehatan dari kol membuat sayuran ini begitu digemari. 

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Meski terdengar mudah dimasak atau diolah, nyatanya tidak sedikit dari kita yang sulit memotong kol. Salah satu yang mungkin umum dilakukan adalah menyobeknya sehelai demi sehelai. Mengingat jika memotongnya salah dapat membuat kol jadi berantakan.

Namun, bagi para pemula memasak ada tips dan trik dalam memotong kubis atau kol seperti dilansir dari laman Taste of Home. Ada dua hal yang sulit terkait dengan mengiris kol berguling di atas talenan dan memiliki inti yang sulit dipotong di bagian tengahnya. Namun, metode ini dengan cepat mengatasi kedua tantangan itu untuk memotong kol cepat dan mudah.

Kementan dan Kemenko Marves Bergerak Bersama Mengawal Food Estate Humbahas

1. Potong batang kol di talenan.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

2. Mulai dari bagian atas kubis yang bundar, iris lurus ke tengah sehingga kubis terpotong menjadi dua.

3. Di atas separuh kol, buat potongan diagonal di satu sisi batang. Ulangi di sisi lain batang.

4. Tarik batang keluar dari kubis dan buang.

5. Ulangi pada bagian lain dari kol.

6. Tempatkan potongan kubis, sisi rata ke bawah dan iris menjadi pita dengan pisau, atau gunakan mandolin dengan lampiran pengaman untuk memotong yang paling rata.

Maksimalkan Kubis Anda

Setelah kol Anda dipotong, Anda ingin memastikan kol memiliki tekstur yang sempurna untuk resep Anda. Ada dua cara untuk membuat kubis istimewa. Pertama, jika Anda ingin kubis dengan renyah garing (untuk salad dan lauk lainnya), rendam dalam air dingin di lemari es sampai siap menyajikannya. Saat tiba waktunya makan, cukup tiriskan dan taruh di piring Anda.  .

Jika Anda mencari kubis krim (untuk hidangan seperti coleslaw) simpan kol di antara handuk kertas. Ini akan menyerap kelembapan dan membuat kubis melunak.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya