Aneka Hidangan Khas Lebaran dari Berbagai Negara

Tradisi makan ketupat saat lebaran tiba
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

VIVA – Hari ini umat Muslim di Indonesia merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Selain kegiatan bersilaturahmi, momen ini pun lekat dengan tradisi makan bersama keluarga.

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Beragam jenis makanan berat pun akan tersaji di meja makan. Jika di Indonesia, beberapa menu seperti rendang, opor ayam, ketupat, sambal ati kentang, sayur pepaya hingga ayam pop menjadi hidangan favorit keluarga.

Tetapi ritual silaturahmi dan makan makanan khas Lebaran bersama keluarga saat Idul Fitri bukan hanya milik masyarakat Indonesia saja. Umat Muslim di berbagai belahan dunia pun juga menyantap beragam jenis makanan khas Lebaran.

Resep Marble Cake Anti Gagal Ala Chef Devina Hermawan, Cocok Buat Sajian Lebaran

Lalu apa saja makanan khas Lebaran dari penjuru dunia? Berikut ini beberapa makanan khas Lebaran di beberapa negara di dunia, seperti yang dilansir dari laman Metro.

Suriah

Nikmati Hari Raya Tanpa Khawatir! Ini Tips Jitu Cegah Kolesterol Tinggi

Bagi umat Muslim di Suriah, saat Lebaran, mereka akan melakukan silaturahmi ke rumah teman dan tetangga. Mereka akan memakan puding buatan sendiri yang disebut Mamounia, yang dapat disajikan dalam kondisi panas atau dingin dan dihiasi dengan kayu manis serta irisan kacang almond.

Mesir

Umat Muslim di Mesir akan meminun segelas susu dan kurma sebelum melakukan salat Idul Fitri di pagi hari. Tidak hanya itu, Khak yang merupakan kue berisi madu juga menjadi salah satu makanan yang tersaji saat Idul Fitri.

Yaman

Di Yaman ada tradisi makan siang di rumah kepala keluarga. Salah satu hidangan khas di sini adalah bint alsahan, yang merupakan kue manis dan dibuat dengan melipat lapisan tipis adonan, yang atasnya diberi biji madu dan nigella.

Afghanistan

Di Afghanistan, Idul Fitri adalah milik anak-anak. Ada perayaan khusus yang disiapkan untuk anak-anak pada saat itu. Menu khasnya adalah bolani berupa roti pipih berisi bayam, labu, kentang atau lentil hijau.

Rusia

Sebanyak 16 juta Muslim di Rusia akan menyuguhkan Manti, penganan yang diisi daging domba atau daging sapi yang dibumbui untuk disajikan saat Lebaran.

Sudan

Di Sudan, Idul Fitri akan dirayakan dengan mengunjungi tetangga dan menerima permen saat mereka berkunjung. Keluarga Muslim di Sudan akan menikmati sepiring aseeda, makanan yang terbuat dari gandum dan dimakan dengan saus tomat.

India

Untuk 180 juta Muslim di India, mereka akan menyajikan semangkuk makanan lezat sevaiyan ki kheer, yang merupakan makanan penutup berupa bihun yang di atasnya diberikan irisan almond.

China

Bagi Muslim China, mereka akan menandai akhir Ramadan dengan memakan you xiang, yang merupakan makanan ringan berbahan dasar tepung, yang bisa dimakan dengan sup atau nasi.

Malaysia

Idul Fitri di Malaysia yang disebut Hari Raya, mereka akan makan Luih, yang merupakan kue manis yang terbuat dari mentega, telur, gandum dan gula.

Somalia

Untuk masyarakat Muslim Somalia, mereka akan menyiapkan roti khusus Idul Fitri yang disebut cambaabur, yang terbuat dari gandum dan millet, ditaburi gula dan disajikan dengan yoghurt.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya