Berapa Lama Daging Beku Aman Dikonsumsi?

Ilustrasi daging olahan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Hari Raya Idul Fitri memang identik dengan berbagai hidangan menarik. Sebut saja rendang daging sapi, hingga semur daging. Ya, olahan daging sapi memang tidak boleh mangkir saat perayaan lebaran. Tidak mengherankan jika masyarakat akan membeli daging dalam jumlah besar. 

Jokowi Cek Harga Bahan Pokok di Pasar Cigombong Jelang Natal dan Tahun Baru

Umumnya daging itu akan dibagi merata setengah untuk dimasak jelang lebaran. Sedangkan sisanya disimpan sebagai stok jika ada tamu untuk dimasak kembali. Tentu kita tau membekukan daging merupakan cara terbaik untuk membuatnya segar lebih lama dari tanggal kadaluwarsa biasanya. 

Tapi berapa lama daging bisa beku sementara masih aman untuk dimakan? Menurut Departemen Pertanian A.S., setiap makanan yang disimpan pada suhu 0 ° F (-17° C) aman untuk dimakan tanpa batas waktu. USDA mengatakan bahwa menjaga beku makanan "mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan pembusukan makanan dan penyakit bawaan makanan."

Tetapi perhatikan: Aturan ini berlaku untuk daging yang disimpan pada suhu 0 ° F (-17°C)tanpa fluktuasi - harus dibekukan secara merata pada suhu tersebut untuk menjauhkan bakteri berbahaya. Proses pencairan dan refreezing dapat mengganggu bakteri dan jamur yang tumbuh secara alami pada makanan yang, memungkinkan mereka berkembang biak ketika suhu naik.

Bulog Pastikan Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Pasca Lebaran

Dan sementara memasak dengan benar dan kemudian memakan makanan yang tetap beku pada suhu 0 ° F (-17°C) selama bertahun-tahun tidak selalu membuat sakit, namun Anda mungkin tidak akan menyukai rasanya.

Jadi USDA merekomendasikan untuk mengolahnya menjadi daging panggang, steak, dan daging yang tidak dimasak setelah satu tahun di dalam freezer, dan daging giling yang tidak dimasak setelah hanya empat bulan. Sementara itu, daging yang dimasak beku harus dibuang setelah tiga bulan.

Hal lain yang perlu diingat: Walaupun daging beku yang kedaluwarsa mungkin terlihat oke untuk dimakan, cara paling aman untuk memastikan tidak makan makanan melebihi batas waktu yang disarankan adalah dengan menuliskan tanggal kedaluwarsa pada daging sebelum memasukkannya ke dalam freezer.

Jelang Lebaran, Bulog Kembali Gelar Operasi Pasar Daging Beku

Ini akan menjaga diri Anda dan keluarga aman dari penyakit yang disebabkan oleh makanan.

Ilustrasi daging kambing.

Dapat Jatah Kurban, Hindari 6 Kesalahan Mengolah Daging Kambing

Di saat Idul Adha akan banyak daging kambing dan sapi yang dibagikan pada masyarakat. Tapi umumnya selalu ada kesalahan saat akan mengolah daging, terutama daging kambing

img_title
VIVA.co.id
20 Juni 2023