Ketahui Arti Label Telur Ayam Kemasan

Telur ayam.
Sumber :
  • Freepik/lifeforstock

VIVA – Begitu banyak jenis telur yang tersedia di pasaran. Apalagi jika Anda berbelanja di supermarket. Berbagai merek hingga jenis dan ukuran telur tersedia. Umumnya, telur-telur tersebut juga diberi sejumlah label khusus.

Lebih Sehat Mana Telur Ayam, Bebek atau Puyuh? Ini Kata Dokter

Apalagi jika Anda berbelanja telur di supermarket di luar negeri. Sangat banyak label yang ada sampai-sampai Anda mungkin bingung untuk memilihnya.

Perlu diketahui bahwa label-label tersebut menunjukkan cara telur tersebut dihasilkan, yakni cara memelihara ayam hingga makanan yang dimakan ayam penghasil telur tersebut.

Viral Pria Larang Jual Telur Ayam, Ini Alasannya 

Nah, berikut ini adalah arti dari beberapa label yang tersedia di pasaran yang mungkin akan membantu Anda berbelanja, dilansir dari Taste of Home, Senin, 1 Juli 2019.

-Cage-ree: Label ini berarti bahwa ayam tidak benar-benar dipelihara di dalam kandang.

Badan Riset Nuklir RI Buat Vaksin COVID-19 dari Kuning Telur Ayam

-Free-range: Telur yang diberi label free-range berarti ayam harus memiliki akses ke luar kandang minimal enam jam per hari dan memiliki ruang kandang seluas dua kaki persegi. Di luar ruangan berarti lapangan terbuka hingga sepetak tanah, tergantung pada peternak.

-Pasture-raised: Telur berlabel ini telah lulus sertifikasi Humane Farm Animal Care (HFAC), yang menjamin bahwa ayam telah dibesarkan di padang rumput yang tertutup vegetasi dengan luas kandang 108 kaki persegi per ayam untuk minimum enam jam per hari.  

Ayam-ayam itu hanya diberi makan biji-bijian tanpa produk sampingan hewan dan bebas untuk mengonsumsi biji-bijian dan serangga yang meningkatkan rasa dan nutrisi. Telur yang dihasilkan pun mengandung hingga enam kali lebih banyak vitamin D, lebih sedikit kolesterol dan lebih banyak vitamin A, omega-3, vitamin E dan beta-karoten.

Tentu saja, semua manfaat itu datang dengan label harga yang lumayan mahal. Tetapi jika Anda memasak Caesar salad atau saus hollandaise memakai telur mentah, telur berlabel pasture-raised adalah pilihan terbaik.

Telur ayam/kuning telur.

-Certified organic: Ini adalah satu-satunya label yang diatur oleh Departemen Pertanian Amerika Seikat. Ini berarti ayam memiliki akses luar dan diberi makan yang bebas dari GMO, antibiotik atau produk sampingan hewan. Namun, itu tidak selalu berarti mereka lebih aman atau lebih bergizi.  

-Farm fresh atau natural:  Walaupun label ini mungkin kedengarannya bagus, tapi label itu tidak diatur oleh organisasi mana pun, tidak ada aturan standar untuk pelabelan dan ayam-ayam itu mungkin diberikan antibiotik.

-Vegetarian: Ayam adalah omnivora dan jika mereka memiliki akses ke luar, mereka akan mematuk setiap serangga atau cacing yang mereka temui (yang merupakan cara yang baik bagi mereka untuk mendapatkan protein). Vegetarian berarti mereka telah diberi makanan tanpa produk sampingan hewan.

-Fertile: Meskipun telur yang subur dianggap sebagai kelezatan di beberapa budaya, namun telur jenis ini tidak memiliki lebih banyak manfaat kesehatan dibandingkan dengan telur yang tidak dibuahi.

-Omega-3: Telur yang diperkaya omega-3 telah diberi tambahan omega-3 dalam bentuk rami, ikan, atau produk lain untuk meningkatkan kadar asam lemak.

-Enhanced lutein: Telur yang memakai label ini berasal dari ayam yang telah diberi ekstrak marigold untuk meningkatkan kadar lutein. Lutein bermanfaat bagi kesehatan mata manusia dan penelitian menunjukkan bahwa asupan lutein dapat membantu mencegah degenerasi makula mata terkait usia. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya