RESEP: Simpel dan Gurih, Sajian Bubur Kuah Sapi Khas Pontianak

Bubur Kuah Sapi Khas Pontianak
Sumber :
  • Viva.co.id/Ngadri dri kontibutor Pontianak

VIVA – Pontianak kota multikultur yang memiliki banyak kuliner khas, salah satunya bubur kuah sapi yang menggiurkan. Jika kamu berkunjung ke kota ini, mungkin akan menemukan banyak pedagang bubur kuah sapi di pagi hari, namun ada satu warung bubur kuah sapi yang cukup terkenal di Pontianak, yaitu Warung Mbak Endang.

Cicip Nikmatnya Ikan Lais Asam Pedas Khas Pontianak

Ketika VIVA berkunjung, terlihat meja-meja penuh pengunjung. Warung bubur kuah sapi Mbak Endang ini terletak di Jl Paris 1 Pontianak Tenggara, kota Pontianak Kalimantan Barat.

Pemiliknya yaitu Mbak Endang, menyebut warungnya sudah berdiri sejak 32 tahun yang lalu, kala itu ayahnya yang memulai berjualan bubur kuah sapi.

Ketan Pengkang Cocol Sambal Kepah, Kudapan Khas Mempawah Kalbar

Selain itu ia mengatakan bahwa warungnya cukup ramai terutama di akhir pekan, dari berjualan bubur saja ia mampu meraup untung hingga Rp2 juta perhari.

"Alhamdulillah setiap hari pengunjung selalu ramai, mereka yang datang makan bubur suka dengan rasa kuah sapi dan rasa bubur yang kita sajikan," ujar Endang ditemui VIVA di warungnya beberapa waktu lalu.

RESEP: Cita Rasa Melayu, Cicip Bubur Pedas Sambas Khas Pontianak

Satu mangkuk bubur kuah sapi terdiri dari bubur gurih, yang disiram kaldu sapi yang bening, lengkap dengan beberapa potong daging sapi empuk yang mengguirkan.

Rasanya makin lengkap jika kamu menaburkan kacang, teri, bawa goreng, juga seledri perpaduan topping itu sangat cocok apalagi bercampur suapan bubur lembut nan hangat yang 'ngeblend' terasa gurih di dalam mulut. 

Gurih dan hangat, semangkuk bubur enak ini dibanderol Rp10 ribu saja untuk bubur yang lengkap. Sedangkan bubur kuah sapi biasa cuma seharga Rp5 ribu. Murah banget kan.

Untuk membuat bubur kuah sapi yang pas, Endang tak sungkan memberikan resepnya lho. Berikut resepnya:

Bahan

-Beras kualitas baik direbus bersama daun salam dan air secukupnya. Aduk terus hingga menjadi bubur.

-Kuah kaldu sapi, rebus 250 gram daging dan tulang sapi dengan 2 liter air, 3 butir bawang putih, 5 siung bawang merah, 1cm kunyit, 1 butir sereh geprek, 1/5 lengkuas geprek, 2 lembar daun salam, dan lada secukupnya.

Topping Pelengkap

-Teri goreng
-Kacang tanah goreng
-Seledri
-Bawang merah goreng
-Jeruk
-Sambal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya