3 Trik Cegah Masakan Lengket di Wajan

Ilustrasi peralatan masak
Sumber :
  • Pixabay/Olaf Bröker

VIVA – Salah satu jenis masakan yang paling umum dibuat adalah telur orak arik. Mengingat cara pemasakannya yang mudah dan tidak membuang waktu banyak. Namun, memasak bisa menjadi menjengkelkan ketika telur orak arik lengket di wajan seperti cat dan meninggalkan gosong dan kerak pada telur. 

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasaknya dengan wajan anti lengket. Namun,b wajan anti lengket yang salah penanganan sehingga lapisan anti lengket terkelupas dan rentan makanan menempel. 

Lantas, mengapa memasak seperti telur atau ikan sangat mudah menempel di wajan? Alasannya ternyata karena makanan membentuk ikatan kimia dengan wajan. Jadi untuk mencegah hal itu terjadi, kamu membutuhkan semacam pelumas, seperti minyak atau mentega, yang berfungsi sebagai penyangga antara panci dan makanan. Jika tidak memiliki penyangga, hal tersebut akan meningkatkan risiko terbentuknya ikatan kimia dan makanan kamu menjadi lengket.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Selain itu, inilah yang harus kamu lakukan untuk mencegah terjadinya lengket saat menggoreng di wajan

Bumbui wajan

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Jika kamu tidak menggunakan wajan anti lengket, kamu harus memastikan wajan dibumbui menggunakan garam dan merica.  Sebab, bumbu saat melakukan penggorengan diketahui dapat bertindak sebagai penyangga dan mencegah makanan lengket. 

Caranya, gosok wajan dengan sedikit minyak canola atau minyak nabati (kamu membutuhkan minyak netral dengan titik asap tinggi) dan masukkan ke dalam oven 425 ° F selama 30 menit atau lebih. Lakukan ini beberapa kali untuk membangun lapisan.

Pastikan wajan panas

Makanan yang dimasak dalam wajan dan minyak panas sebenarnya akan melindungi wajan dengan lapisan tipis uap.  Uap adalah hasil dari air yang dipanaskan di atas 212 ° F, jadi jika kamu memasak dalam keadaan suhu dan minyak tidak panas akan membuat lengket makanan di wajan. 

Keringkan makanan

Enggak sedikit dari kita yang menggoreng makanan dalam kondisi bahan makanan basah dan tentunya akan membuatnya menjadi lengket. Jadi semakin kering makanannya, semakin baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya