Lima Kue Khas Natal di Dunia

Gingerbread
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Menyambut Natal, beragam persiapan akan dilakukan, mulai dari mendekorasi rumah dengan hiasan pohon Natal hingga kado untuk diberikan ke orang terkasih. Selain itu, hidangan seperti kue juga dipersiapkan untuk menjamu tamu dan kerabat yang datang.

10 Tips Bikin Kue Kering Untuk Natal Anti Gagal, Nomor 2 dan 7 Sering Diabaikan

Berbagai hidangan khas biasanya dihidangkan di momen penuh suka cita ini, sesuai dengan kebudayaan dan tradisi di masing-masing daerah. Di berbagai belahan dunia, ada juga beragam jenis hidangan khas yang disajikan saat Natal.

Misalnya, panettone roti manis yang disiapkan saat Natal di sejumlah negara Eropa, termasuk Argentina. Di India, sejumlah umat kristen akan menyiapkan kue prem dengan kismis yang direndam rum di rumah mereka.

Tom Cruise Gunakan Private Jet Untuk Antarkan Kue Natal ke Pengeran Willian dan Kate Middleton

Sedangkan, sejumlah umat Kristiani Anglo-India di India akan menyiapkan kulkul, yang merupakan camilan goreng yang terbuat dari tepung semolina, susu, gula dan ghee di rumah mereka saat Natal.

Nah, berikut beberapa makanan dan minuman yang secara tradisional dikonsumsi saat Natal dari berbagai dunia seperti dikutip dari laman NDTV.

Resep Gingerbread Cookies, Kue Khas Natal yang Menghangatkan

Kue Plum

Kue plum atau kue buah, disiapkan selama Natal yang dibuat menggunakan manisan atau buah kering, kacang dan sejumlah rempah-rempah. Kacang-kacangan dan buah-buahan kering kadang-kadang direndam dalam rum sebelum kemudian ditambahkan ke adonan kue.

Puding Natal

Di Inggris, Irlandia, dan sejumlah negara lain, puding Natal adalah bagian yang tak boleh terlupa saat makan malam. Puding Natal ini juga dikenal sebagai puding plum (meski tidak mengandung buah plum), lantaran resep pembuatannya ini mengacu pada zaman pra-Victoria yang mana kala itu kismis disebut sebagai buah prem.

Puding ini terbuat dari kayu manis, pala, cengkeh dan jahe dan mungkin mengandung minuman beralkohol seperti bir brendi atau gelap, yang digunakan untuk melunakkan campuran.

Ginggerbread

Jahe adalah bumbu penghangat yang digunakan untuk membuat sejumlah makanan saat Natal, termasuk kue gingerbread man, rumah kue jahe dan lain-lainnya. Umumnya, sajian ini biasanya ada di Inggris dan Irlandia dan sering digunakan sebagai pusat untuk makanan penutup di Hari Natal.

Permen tongkat

Permen berbentuk tongkat berwarna merah dan putih merupakan hiasan yang  paling banyak digunakan dalam dekorasi Natal. Tidak hanya itu, permen ini juga sering digunakan untuk menghias kue Natal dan bahkan digantung di pohon dan dibalut dengan peppermint.

Yule Log Cake

Dessert ini sering disiapkan saat Natal, terutama di Belgia, Prancis, Swiss, dan Inggris. Dessert ini terbuat dari kue bolu rasa coklat dan dibuat menyerupai Yule Log, yang dibakar di perapian sebagai tradisi Natal di beberapa negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya