Tips Usir Bau Prengus Daging Qurban

Ilustrasi daging kambing.
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA – Jumat 31 Juli 2020 ini, umat muslim di tanah air merayakan hari raya Idul Adha. Idul Adha sendiri setiap tahunnya identik dengan tradisi mengola daging sapi atau daging kambing hasil qurban. 

8 Waktu yang Diharamkan untuk Berpuasa Menurut Ajaran Islam

Beragam sajian makanan olahan daging sapi mulai dari rendang, sop kambing, rawon sapi hingga sate kambing biasanya akan tersedia di atas meja makan di momen Idul Adha. Mendengar sejumlah olahan daging tentu sudah membuat kita menjadi lapar ya dan ingin segera membuatnya untuk dihidangkan.

Berbicara menghidangkan olahan daging sapi dan kambing, untuk sebagian orang yang sudah tahu cara memasak daging tersebut dapat menghasilkan berbagai citarasa daging nan lezat. Namun bagi yang sulit mengolah kambing dengan benar akan menjadi petaka, salah satunya adalah aroma menyengat atau bau prengus yang sering membuat orang enggan menyantapnya, salah satunya daging kambing.

Didukung Lebih dari 30 Negara, Idul Fitri-Idul Adha Kini Diakui UNESCO sebagai Hari Besar Keagamaan

Baca Juga: Yakin Kulit Bakal Glowing, Wanita Ini Oles Darah Menstruasi di Wajah

Lalu bagaimana mengolah daging kambing yang lezat tanpa bau prengus? Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group, Chef Stefu Santoso menjelaskan, daging kambing mempunyai aroma yang khusus karena berasal dari pakan atau makanan yang dikonsumsi sewaktu hidup.

Jumlah Pemudik Lebaran Tahun Ini Diprediksi Naik jadi 136,7 Juta Orang

"Baunya yang khas memang cukup kuat," kata dia beberapa waktu lalu.

Stefu menjelaskan, untuk mengurangi bau prengus tersebut harus dimasak dengan banyak rempah. Selain itu, pilih daging atau kambing yang usianya masih sangat muda.

"Kalo hanya rebus dengan air saja kemudian buang airnya disebut sebagai proses blanching. 
Kalaupun direbus harus menggunakan rempah-rempah seperti jahe, sereh, cengkeh dan kayu manis, dan kemudian dimasak dengan rempah-rempah lagi," kata dia.

Stefu juga memberikan tips memilih daging kambing yang usianya muda untuk meminimalisir bau prengus. Stefu menjelaskan, untuk bisa melihat apakah kambing tersebut usianya muda atau tua, biasanya bisa terlihat dari ciri-ciri fisik yang kambingnya masih agak kecil. 

"Tapi yang pasti kita harus bertanya sama yang jual, karena kadang bentuk fisik kecil belum tentu usianya muda. Yang paling pasti adalah ditanya usianya," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya