Resep Sate Maranggi Empuk Spesial Berkumpul di Idul Adha

Sate maranggi
Sumber :
  • YouTube Chef Devina Hermawan

VIVA – Masih dengan suasana perayaan Idul Adha yang dilaksanakan oleh seluruh umat muslim di dunia. Kehangatan momen ini tak lepas dari beragam sajian nusantara yang identik dengan daging sapi, termasuk sate.

5 Resep Sate Maranggi Super Simpel, Dijamin Enak

Sate sendiri terdiri dari berbagai macam rasa dan olahan. Salah satu yang terkenal di Tanah Air, sate maranggi yang khas dari daerah Purwakarta, Jawa Barat.

Sate maranggi dikenal dengan keempukan dagingnya, rasanya yang manis gurih, serta bumbu sambalnya yang beda dari sajian sate lain. Nah, jika di rumah masih ada stok daging sapi dan bingung mengolahnya, boleh cobain resep sate maranggi ala Chef Devina Hermawan.

Maknyusnya Menu Buka Puasa Domba Panggang dan Sate Maranggi

Berikut resep serta cara mengolah dan tips agar sate maranggi empuk dikutip dari akun YouTube Chef Devina Hermawan.

Resep Sate Maranggi (12 tusuk) 

Bakrie Amanah Serahkan 22 Sapi untuk Warga Kuningan dan Majalengka

Bahan:

300 gr daging has dalam 

Bumbu halus:

6 siung bawang putih 

10 siung bawang merah 

3 cm lengkuas, iris 

2 sdt ketumbar, sangrai 

3sdm air asam jawa 

1 sdm gula merah 

1 sdt garam 

1 sdt merica 

1/2 sdt kaldu jamur

Sambal tomat: 

2 buah tomat 

5 cabai rawit merah

15 cabai rawit hijau 

1 siung bawang putih

3 siung bawang merah

2 buah jeruk limau 

1/2 sdt garam 

1 sdt gula 

Langkah: 

1. Iris daging memanjang kurang lebih selebar jari, dengan arah memotong serat. Tips: potong daging secara diagonal untuk membelah serat agar empuk dan mudah ditusuk.

2. Blender semua bumbu halus hingga benor-benor halus, tuang ke dalam daging aduk rata, marinasi daging minimal 1-2 jam di suhu ruangan. Tips: teknik marinasi membuat daging lebih empuk. Jika lebih dari 2 jam, marinasi daging di dalam kulkas.

3. Setelah dua jam, tusuk daging menggunakan tusuk sate yang sudah direndam terlebih dahulu, tusuk daging dengan arah zig-zag agar mencegah daging terlalu dekat dan sulit dimakan.

4. Panaskan griller, oles dengan sedikit minyak / lemak sapi, panggang kedua sisi sate sambil sesekali dioles dengan sisa bumbu halus, panggang sate dengan tingkat kematangan sesuai selera

5. Untuk sambal tomat, ulek bawang putih dan garam hingga halus. Tambahkan cabai rawit merah dan hijau ulek hingga halus, masukkan irisan tomat bumbui dengan gula, beri perasan jeruk limau, aduk rata

6. Sajikan sate maronggi dengan sambal tomat, irisan bawang merah, jeruk limau, dan kecap manis 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya