Intip Trik Mudah Buka Bisnis Kopi Kekinian

Virtual launching Toffin E-Learning Center
Sumber :
  • Toffin Indonesia

VIVA – Kopi kekinian makin digemari. Rasanya yang smooth dan memiliki aneka pilihan rasa, membuat kopi kekinian mudah diterima lidah orang Indonesia, terutama anak muda. 

Lewat PLN Peduli, Omzet Usaha Kopi di Cilegon Naik 4 Kali Lipat

Tak heran, jika bisnis kopi kekinian kian menjamur dan makin banyak diminati.

Nah, jika kamu memiliki passion di bidang kopi dan ingin membuka bisnisnya, tentu kamu harus memiliki skill dan perencanaan yang matang, agar bisnismu tidak hanya seumur jagung. 

Kedai Kopi Unggulan Indonesia Villa Sumatra Dibuka di Mesir

Menurut Willy Sidewalk, Head of Learning and Development Toffin Indonesia, hal paling utama jika ingin membuka bisnis kopi adalah, belajar dulu tentang kopi, atau minimal belajar minum kopi.

Baca juga: Penjual Kopi ke Jokowi: Sejak Pandemi Ini Saya Bangkrut, Pak

Bebas Usai 3 Hari Dibui, Asep Si Pemilik Kedai Kopi: Mending Bayar

"Kalo gak bisa minum kopi, gak tau rasanya kopi, lupakan. Harus tahu bisnisnya apa, harus tahu dulu, nah belajar dari situ," ujarnya saat virtual launching Toffin E-Learning Center, Senin 5 Oktober 2020. 

Lebih lanjut Willy menjelaskan, jika ingin memiliki pengetahuan lebih dan belajar seputar bisnis kopi, kamu bisa mengikuti program Toffin E-Learning Center, yaitu platform digital yang menyediakan program pengembangan dan pelatihan di industri kopi. 

"Di sini, kamu bisa belajar mulai dari kreasi menu, pengembangan bisnis, hingga pelatihan keterampilan, yang difasilitasi oleh mentor berpengalaman di bidangnya, melalui daring baik video maupun workshop. Para mentor ini terdiri dari master kopi internasional, juara kopi Indonesia, ahli teh, pakar kafe dan restoran, konsultan, hingga praktisi di industri kreatif," lanjut dia. 

Berada di tempat yang sama, Ario Fajar, Head of Marketing Toffin, menambahkan, program ini hadir sebagai jawaban atas kebutuhan para pebisnis kopi, barista, serta orang yang bergerak di industri kopi, yang membutuhkan media pembelajaran yang praktis. 

“Saat ini seluruh industri food and beverage mengalami perubahan yang sangat signifikan. Pemilik bisnis dituntut untuk melakukan strategi pemasaran, penjualan, dan promosi yang kreatif. Sementara itu, para barista juga harus meningkatkan kompetensinya. Program ini adalah kelas online yang tepat untuk menambah dan mengasah kemampuan," kata dia. 

Toffin E-Learning sendiri, menawarkan tiga program, antara lain sebagai berikut:

Skill
Program ini dibuat untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di industri kopi atau bisnis food and beverage agar lebih kompetitif. 

Program ini diaplikasikan dalam bentuk video pelatihan barista, bartender, beragam teknik menyeduh kopi, pengoperasian peralatan kopi yang diajarkan oleh coffee dan tea master.

Didukung juga dengan keterampilan lainnya seperti fotografi dan videografi mulai dari tingkat dasar hingga advance dari praktisi di industri kreatif.

Menu creation
Program yang diciptakan untuk menjadi referensi bagi business owner, barista, bartender, atau departemen pengembangan menu untuk mengkreasikan minuman yang inovatif dan kompetitif. 

Program ini dibuat dalam bentuk video menu tutorial yang dikembangkan oleh Toffin product development specialist, coffee, dan tea master mulai dari minuman berbahan dasar kopi, teh, rempah, cocktail, mocktail, dan bahan baku lainnya. 

Business
Program yang dibentuk untuk memperluas wawasan, pengetahuan, strategi, bisnis industri kopi. Program ini diaplikasikan melalui video pembelajaran mulai dari tahap perencanaan, operasional, hingga ekspansi bisnis. 

Fitur-fitur dari program Toffin E-Learning Center antara lain, free access video, Paid Access Video, Paid Seminar Class, dan On Demand Video and Class.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya