Penting Memperhatikan Penyimpanan Makanan dan Minuman

Bahan makanan di kulkas.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menyimpan sisa makanan menjadi hal yang umum dilakukan di masyarakat. Apalagi ketika kita membeli makanan tersebut dalam jumlah yang banyak. 

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Namun, dalam menyimpan makanan perlu perhatian khusus. Sebab ada beberapa jenis makanan yang tidak disarankan untuk disimpan dalam waktu yang lama.

Apa saja? Berikut ini penjelasan dari spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti Dwi Permanasari, M.Gizi, Sp.GK dalam program Hidup Sehat Tv One.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Baca juga: Ahli Sebut Virus Corona Tinggi Sehari Sebelum Timbul Gejala

Daging Kornet

Waspada Leptospirosis di Musim Hujan dan Banjir: Kenali Gejalanya Segera!

Putri menjelaskan bahwa daging korenet yang disimpan dalam suhu ruangan harus segera diolah. Sebab kata dia, daging kemasan tersebut mudah terkontaminasi mikrobakteri yang akan mempermudah proses pembusukan dari makanan. 

"Harus segera diolah. Kalau di kulkas harus simpan wadah kedap cuman 1 hari kemudian harus diolah," kata dia. 

Susu

Untuk susu khususnya susu UHT ketika dibuka harus segera dihabiskan dalam kurun rentan waktu 1-2 jam. Namun kata dia susu tersebut masih bisa dikonsumsi selama enam jam usai dikonsumsi. 

Baca juga: Musim Hujan Rentan Batuk Pilek, Ini Bedanya dengan Gejala COVID-19

"Maksimal susu UHT yang disimpan di kulkas dengan wadah khusus kedap udara bisa dikonsumsi 3 hari, namun ditakutkan kandungan nutrisinya berkurang," ujar dia. 

Sayuran hijau

Putri menjelaskan, makanan seperti sayuran hijau harus segera dihabiskan agar vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya tidak teroksidasi. 

"Langsung dikonsumsi juga agar tidak terpapar bakteri. Sebab suhu udara kita ini lembab memudahkan tumbuh kembang mikro bakteri," jelas dia.

Yogurt

Dijelaskan Putri, yogurt jenis cair cenderung awet namun tidak lebih dari 1 hari. Disarankan ketika sudah membuka kemasan yogurt harus segera dihabiskan selama kurun rentang 1-2 jam. 

Sedangkan untuk yang padat kata dia, juga disarankan segera dihabiskan. Jika ingin disimpan pisahkan terlebih dan masukkan ke kulkas dahulu sebelum mengonsumsinya. 

"Umur simpannya maksimal 1 minggu. Disarankan untuk simpannya jauh dari pintu kulkas agar tidak mudah rusak," kata dia.

Buah potong dan jus buah

Untuk buah potong juga baiknya langsung dikonsumsi. Sebab setelah enam jam akan terjadi perubahan aroma dan rasa. 

"Tapi bisa disiasati dengan potong buah kemudian rendam di air dingin untuk menghambat proses oksidasi lalu baru masukkan ke kulkas," tutur dia. 

Untuk jus buah,  harus segera dihabiskan. Sebab jika  disimpan usai dikonsumsi ditakutkan akan teroksidasi kandungan nutrisinya. 

Roti

Untuk di suhu ruangan roti dapat bertahan selama 3 hingga 4 hari. Untuk itu penting menutup wadah roti agar roti tidak terpapar udara yang dapat menyebabkan lembab sehingga terjadi pertumbuhah jamur lebih cepat. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya