Tips Masak Opor Ayam Anti Gagal

Opor ayam, salah satu menu favorit di Hari Lebaran.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aceng Mukaram

VIVA – Opor ayam menjadi salah satu sajian yang wajib hadir di meja makan saat Hari Raya Idul Fitri. Rasa gurih berpadu dengan tekstur daging ayam yang lembut membuat opor ayam begitu digemari di kalangan masyarakat.

BI Sediakan 208 Titik Penukaran Uang Tunai di Wilayah Bali Untuk Lebaran 2024

Belum lagi jika opor ayam dipadukan dengan sambal dan potongan ketupat tentu membuat santapan lebaran semakin menggoyangkan lidah. Namun, membuat opor ayam bukan perkara yang mudah. Terkadang membuat opor ayam kita sering menemukan santan yang pecah hingga tekstur ayam yang kurang empuk.

Lantas bagaimana membuat opor ayam yang enak dan anti gagal? Berikut ini tips dari Chef Billy.

Jelang Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pemilu 2024 Polri Jelaskan Situasi Keamanannya

1. Jenis ayam

Billy menjelaskan untuk ayam bisa pilih ayam yang tidak terlalu tua. Dia menjelaskan bahwa akan lebih enak jika menggunakan ayam kampung atau ayam pejantan.

Kemenhub Perkirakan Puncak Arus Mudik Lebaran pada 8 April 2024

"Rasa yang lebih gurih dan serat dagingnya kenyal, dan lebih bagus protein tentunya," kata dia kepada VIVA, Senin 10 Mei 2021.

2. Proses memasak

Masukkan bumbu dan ayam, kemudian masak hingga mendidih. Setelah mendidih kemudian masukkan santan. Setelah itu aduk secara perlahan agar santan tidak pecah

3. Opsi lain

Jika tidak ingin menggunakan santan, bisa ganti dengan menggunakan krimer atau susu evaporasi atau susu kedelai untuk meminimalisir kalori. Karena jenis susu tersebut lebih rendah kalorinya dibandingkan dengan santan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya