Kuliner Populer, Sandiaga Uno Ingin Pempek Go International

Langka, Pempek Orisinal Berbahan Ikan Khas Sungai Musi
Langka, Pempek Orisinal Berbahan Ikan Khas Sungai Musi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK Putra

VIVA – Siapa tak kenal pempek, kudapan khas Palembang yang telah populer sejak lama. Saat melancong ke kota ini, tentu oleh-oleh yang diingat adalah sajian lezat pempek dengan cita rasa gurih ditemani siraman cuka.

Pempek seolah menjadi oleh-oleh wajib saat berkunjung ke Palembang. Sajian ini sendiri berasal dari olahan sagu dan ikan dengan rasa yang gurih lezat khas. Terlebih, pelengkap pempek pun menambah cita rasanya yang menggoyang lidah sehingga begitu akrab dikenal masyarakat Indonesia.

Hal ini pula yang membuat Kementrian Pariwsiata dan Ekonomi Kreatif melakukan pengembangan di Kota Palembang adalah dengan kulinernya yaitu Pempek. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menegaskan, Kota Palembang terkenal dengan berbagai macam kuliner khasnya, seperti pempek, yang seharusnya bisa dikenal oleh warga dunia alias go international.

"Ingat Palembang ya ingat pempek. Kita ingin cita rasa pempek yang sudah dikenal sejak zaman Sriwijaya ini bisa menembus ke 4.000 restoran Indonesia di seluruh dunia," ujar Sandiaga dalam keterangan persnya.

Bahkan, di setiap sudut Kota Palembang sangat mudah ditemui pedagang pempek, sehingga tidak heran jika Kota Palembang memiliki julukan sebagai 'Kota Pempek'. Kudapan ini seolah cocok untuk menemani beraktivitas dalam keseharian.

"Dimakan pagi cocok, makan siang cocok, makan malam cocok, makan dini hari cocok, makan sore cocok. Jadi pempek itu adalah makanan sepanjang hari," imbuhnya.

Selain itu, Kota Palembang juga terkenal dengan kuliner khas lainnya seperti pindang, tek wan, laksan, burgo dan masih banyak lagi. Sehingga, pihaknya menegaskan, kuliner unggulan ini menjadi potensi unggulan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.