4 Rekomendasi Menu Buka Puasa Lezat dan Kaya Serat

Ilustrasi berbuka puasa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kebanyakan orang berbuka puasa dengan gorengan yang justru menimbun lemak berbahaya di tubuh, bahkan berisiko meningkatkan berat badan dan kolesterol. Maka dari itu, ramadan kali ini sebaiknya menjadi pengingat untuk menjaga kesehatan tubuh melalui pola makan yang baik terutama saat buka puasa.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Ada banyak pilihan baik dan sehat untuk tubuh saat berbuka puasa. Para ahli menganjurkan untuk memilih makanan berserat tinggi dan buah-buahan serta sayuran untuk meningkatkan penyimpanan elektrolit. Tak lupa, protein berkualitas untuk mempertahankan massa otot dan banyak cairan (kebanyakan air) untuk menjaga hidrasi.

Anda harus menghindari makanan yang digoreng dan manisan manis, yang terakhir ini sangat populer di sepanjang tahun ini. Tidak seperti protein dan karbohidrat, yang bercampur dengan baik di saluran pencernaan Anda, lemak tidak cocok dengan air dan cenderung berada di bagian atas isi perut Anda dan tidak mudah dicerna.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Berikut adalah beberapa makanan sehat yang bisa dimakan saat berbuka puasa bersama keluarga dan teman, dikutip dari berbagai sumber.

1. Kurma dan buah

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

kurma.

Photo :
  • U-Report

Membuka puasa dengan kurma merupakan kebiasaan, meskipun tidak wajib, karena Nabi Muhammad pernah melakukannya sehingga sunnah dijalani bagi umat muslim. Jika Anda tidak memiliki kurma, segelas air adalah hal terbaik berikutnya. Kurma juga bisa ditemani dengan hidangan manis yang cepat dan mudah yang dapat dibuat dalam hitungan menit seperti selai kacang dan buah.

2. Salad Ayam Panggang

Salad ayam panggang ini sarat dengan protein dan serat. Salad tidak selalu harus biasa atau biasa dengan hanya sayuran, buah-buahan atau kacang-kacangan. Anda bisa membuatnya menarik dengan menambahkan ayam bakar favorit Anda juga. Pastikan memakai ayam bagian dada dan tanpa kulit agar rendah lemak.

3. Muffin Pisang Tanpa Tepung-Tanpa Minyak

Beberapa orang suka membuat makanan manis untuk berbuka puasa. Anda dapat memberikan sajian yang sehat juga dengan bahan dasar pisang. Dalam resep ini, Anda tidak perlu tepung, gula, atau bahkan minyak. Sebagai gantinya, Anda akan membutuhkan pengganti yang sehat termasuk madu, oat dan bahan lainnya. Campur semua bahan dan pangggang dalam waktu sekitar 20 menit dan sajikan selagi hangat. Yummy!

4. Gulungan Ayam Cincang Dibungkus Daun Bayam

Ini dia snack ayam yang ringan dan mudah dimasak yang bisa menjadi bagian dari menu buka puasa Anda. Ini dibuat sedikit berbeda dibandingkan dengan gulungan biasa. Marinasi ayam terlebih dahulu dan siapkan campurannya. Kemudian bungkus adonan dengan daun bayam dan kukus hingga matang. Nikmati dengan saus favorit Anda. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya