Brongkos Sapi Khas Kendal, Pilihan Lezat Berbuka Puasa saat Mudik

Brongkos sapi.
Brongkos sapi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Teguh Joko Sutrisno.

VIVA – Perjalanan mudik dengan menempuh jarak lumayan jauh memang diperbolehkan untuk tidak puasa. Tapi jika kuat puasa pun juga tidak masalah.

Nah, bagi yang puasa ataupun tidak puasa, pilihan bersantap di perjalanan akan terasa nikmat dengan menyantap kuliner khas daerah yang dilewati. Salah satunya brongkos sapi khas Sukorejo Kendal, Jawa Tengah.

Salah satu warung brongkos sapi yang legendaris di Kendal adalah Rumah Makan Bu Topo. Lokasinya ada di tepi jalan alternatif Kendal - Temanggung, dekat dengan Alun-Alun Sukorejo.

Rumah makannya nampak sederhana dengan warna dominan hijau tua. Tapi, hampir setiap hari brongkos sapinya selalu ludes terjual. Baik oleh warga setempat atau mereka yang melakukan perjalanan dan lewat di sini. Warung Bu Topo termasuk legendaris karena sudah buka sejak 1960-an.

Lalu, apa itu brongkos sapi?

"Ini resep khas di daerah Kedu dan Temanggung, juga Sukorejo yang berbatasan. Pada intinya berbahan baku daging kambing atau sapi. Kalau di sini pakainya sapi. Kuahnya berwarna kecokelatan, dengan bumbu kluwak dan rempah, serta bersantan," jelas kata Bu Fadliyah, pengelola warung bongkos Bu Topo.