15 Makanan Khas Jawa Timur, Pedas Menantang Gurihnya Bikin Doyan

Soto Lamongan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA - Makanan khas Jawa Timur umumnya sudah banyak dijajakan di banyak daerah. Salah satunya seperti soto Lamongan dan bakso Malang. Dua makanan ini sangat banyak tersedia tidak hanya di daerah Jawa Timur. Makanan khas Jawa Timur umumnya bercita rasa pedas, asin gurih dan tentunya kaya akan rempah. Rawon juga salah satu makanan khas Jawa Timur yang juga banyak digemari orang-orang tak hanya yang berasal dari tanah Jawa. Makanan tersebut terbuat dari daging dan disajikan dengan kuah yang cenderung berwarna hitam, dan pastinya sangat nikmat dimakan menggunakan nasi panas. Makanan khas Jawa Timur banyak digemari karena tidak susah ditemui.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Ada banyak ragam makanan khas Jawa Timur. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Jawa Timur yang bisa kamu temui dan menggugah selera:

1. Soto Lamongan

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Makanan ini secara tampilan hampir sama dengan soto pada umumnya. Namun, ada satu bahan yang sangat khas di soto ini, yaitu koya. Koya adalah jenis bubuk gurih yang dibuat dari bawang putih dan kerupuk udang. Soto lamongan biasanya terdiri dari bihun, ayam yang dipotong kecil-kecil, sayur kol, toge dan taburan saledri yang bikin harum. Soto Lamongan cocok disajikan dengan nasi hangat dan sambal.

2. Rawon

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Dimulai dari makanan tradisional khas Jawa Timur yang paling terkenal, yaitu Rawon. Makanan ini identik dengan kuah hitamnya. Warna hitam pada rawon tersebut tidak lain berasal dari bumbu khas yaitu kluwek. Rasa rawon sangat ramah bagi Anda yang tidak suka pedas. Makanan tradisional khas Jawa Timur ini akan semakin nikmat disantap dengan nasi putih, kerupuk, serta lauk pelengkap seperti telur asin.

3. Lontong Kupang

Makanan tradisional khas Jawa Timur berikutnya adalah lontong kupang. Lontong Kupang mudah ditemukan di Surabaya, Pasuruan dan Sidoarjo. Makanan ini terbuat dari kupang putih, yaitu sejenis hewan laut seperti kerang. Kupang putih tersebut dimasak dengan berbagai bumbu-bumbu yang sangat menggugah selera.

4. Bebek Sinjay

Makanan ini wajib Anda nikmati ketika mampir ke Bangkalan, Madura. Apa bedanya dengan olahan bebek lainnya? Bebek ini memiliki tekstur daging yang empuk dan tidak amis. Bebek ini akan semakin nikmat jika dimakan dengan nasi putih panas dan sambal mangga yang menjadi pendamping dari makanan ini.

5. Pecel Semanggi

Pecel semanggi merupakan salah satu makanan yang berasal dari Surabaya. Semanggi sendiri merupakan tumbuhan sejenis paku air yang sangat mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Pecel semanggi ini dibuat dari daun semanggi yang dikukus dan dinikmati bersama sambal pedas dan menggugah selera.

Pecel semanggi dapat dihidangkan dengan kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras dan bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Bumbu yang digunakan dalam makanan khas Surabaya ini memiliki rasa yang menarik dan berbeda dibandingkan dengan jenis pecel lainnya.

6. Bakso Malang

Makanan ini mungkin banyak tersedia di tiap kota. Namun, berbeda dengan bakso Malang. Bakso khas kota Malang memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan unik. Salah satu keunikan dari bakso khas Malang ada pada bahan mi yang digunakan. Mi pada bakso Malang sekilas mirip mi soun. Namun, warna dari mi ini cenderung berwarna biru kehijauan.

7. Nasi Tempong

Nasi Tempong adalah makanan tradisional khas Jawa Timur yang berasal dari Banyuwangi. Isi dari makanan ini terdiri dari sayuran rebus, tahu goreng, nasi panas, tempe goreng, ikan asin, dadar jagung, dan dilengkapi sambal mentah. Sambal ini yang sebenarnya menjadi ciri khas dari makanan tradisional khas Jawa Timur ini.

8. Rujak Cingur

Makanan ini berasal dari kota Surabaya. Cingur sebenarnya merupakan daging pada mulut sapi yang direbus, lalu dicampur dengan irisan tempe, tahu, timun, nanas, lontong, sayuran, bumbu kacang serta petis. Mungkin awalnya Anda merasa jijik, namun jangan salah, makanan tradisional khas Jawa Timur ini sangat nikmat dan bikin ketagihan.

9. Lodho Ayam

Jika Anda sedang mengunjungi Tulungagung, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas dari daerah tersebut yaitu Lodho Ayam. Makanan tradisional khas Jawa Timur ini memiliki dua jenis cara masak, yaitu lodho dengan kuah encer dan yang kedua lodho kuah kental.

10. Rujak Soto

Makanan tradisional khas Jawa Timur ini berasal dari Banyuwangi. Rujak Soto ini merupakan perpaduan antara rujak dan soto kuning. Rujak Soto menjadi salah satu makanan khas jawa timur yang disukai banyak orang. Jadi jangan sampai terlewat makanan khas ini, ya.

11. Bebek Songkem

Selain bebek sinjay, Madura punya kuliner lain namanya bebek songkem. Masakan ini diklaim sebagai bebek yang sehat dan bebas kolesterol. Sebab, bebek songkem diolah dengan cara dikukus tanpa menggunakan air, namun menggunakan pelepah pisang. Penggunaan pelepah tersebut yang dapat mengurangi kandungan lemak dan kolesterol pada bebek songkem.

Bebek songkem sendiri terdapat dua varian, yaitu bebek songkem kukus dan goreng. Bebek songkem ini sangat nikmat dimakan dengan menggunakan nasi putih hangat dan dengan cocolan sambal mangga muda.

12. Pecel Madiun

Makanan tradisional khas Jawa Timur ini terbuat dari berbagai macam sayuran yang direbus dan diberi bumbu sambel kacang. Jenis sayuran yang ada di dalamnya antara lain kacang panjang, tauge, mentimun, serta daun singkong. Juga tidak ketinggalan, salah satu pelengkap dalam makanan ini adalah peyek kacang.

13. Nasi Krawu

Nasi krawu merupakan makanan khas dari daerah Gresik, Jawa Timur. Cirinya adalah nasi pulen yang disajikan di atas daun pisang. Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal petis dan serundeng. Ada juga sambal terasi yang memiliki rasa pedas khas sebagai pelengkap nasi krawu. Bagi pecinta masakan pedas, wajib mencoba nasi krawu saat berkunjung ke Gresik.

Nasi Krawu awalnya merupakan makanan asal Madura. Para pendatang dari Madura membawa nasi krawu dan kemudian mencoba untuk berjualan di Gresik. Dengan cita rasa yang khas, nasi krawu menjadi sangat dikenal di Gresik dan menjadi salah satu makanan khas Gresik.

14. Tahu Tek

Sesuai dengan namanya, makanan khas Jawa Timur satu ini dibuat dengan bahan dasar tahu. Dengan campuran lontong, kentang, tauge, serta acar, tahu tek kemudian disiram dengan bumbu kacang petis yang lezat. Supaya lebih lezat, tambahkan kerupuk dan telur dadar sebagai topping.

15. Sate Kelopo (kelapa)

Sate kelopo (kelapa) terbuat dari daging ayam yang dibalut parutan kelapa. Rasanya lebih gurih dan nikmat dibanding sate biasa. Sate kelopo juga menjadi salah satu makanan favorit yang ada di Surabaya. Makanan ini dijadikan pula sebagai cemilan tongkrongan dan bahkan makanan utama bisa dijadikan sebagai pelengkap lauk nasi.

Ilustrasi menstruasi/nyeri haid.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Nyeri haid atau dismenore, adalah rasa sakit atau kram di perut bagian bawah yang dialami wanita selama menstruasi. Nyeri haid dapat bervariasi dari ringan hingga berat.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024