Resep Soto Ayam Lamongan, Pakai Tambahan Koya Dijamin Makin Lezat

Soto Lamongan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Resep soto ayam lamongan memang banyak dicari-cari. Apalagi, saat ini sudah memasuki musim hujan, yang mana menyantap soto bisa menjadi pilihan untuk menghangatkan badan. 

Kebakaran di Rumah Makan Soto Gandaria, 90 Motor Hangus Terbakar

Soto ayam lamongan adalah salah satu jenis soto yang ada di Indonesia dan memiliki banyak penggemar. Soto adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang disajikan berkuah dengan rasa yang gurih dan enak.

Soto ayam lamongan adalah salah satu dari banyaknya jenis soto di Indonesia. Perbedaan soto lamongan dengan lainnya adalah terdapat taburan koya pada soto dan daging ayam yang diiris menyamping, namun tidak hancur. Ciri khas ayam yang tidak hancur ini adalah dengan menggunakan ayam kampung yang memiliki tekstur lebih padat. 

Icip-icip Soto Tangkar Sate Kuah yang Lagi Viral, Gak Sabar Antre Dijamin Rugi

Perbedaan lainnya adalah soto ayam lamongan tidak menggunakan santan atau susu sehingga kuah lebih "bening" dan penggunaan rempah kunyit yang membuat warna kuah menjadi kuning. Berbeda dengan soto daerah lain yang memiliki warna kecoklatan. 

Berminat untuk membuat sendiri soto ayam lamongan? Simak resep soto ayam lamongan berikut ini :

Viral Food Vlogger Nex Carlos Nyungsep Saat Makan Soto Rp6 Ribu, Netizen Nangis

Resep Soto Ayam Lamongan dan Koya : 

Soto Lamongan.

Photo :
  • U-Report

a. Pertama siapkan bahan - bahan untuk membuat kuah soto, isian ayam dan koya. 

Bahan bahannya adalah : 1 ekor ayam kampung (ukuran sesuaikan dengan keinginan), 5 lembar daun salam, 5 lembar daun jeruk, 3 batang serai, 2 lengkuas yang digeprek, 1 sdm gula pasir, 2 1/2 sdm garam, 3 batang daun bawang, 3,5 liter air, minyak. Haluskan bahan - bahan tersebut untuk nantinya ditumis sebagai bahan dasar kuah 

Untuk bahan bumbu halus: 7 siung bawang merah, 9 siung bawang putih, 3 butir kemiri, 1 sdt ketumbar, 4 cm kunyit yang telah dikupas dan dibakar, 3 cm jahe yang digeprek, 1 sdt merica bubuk

Untuk bahan koya: 6 siung bawang putih goreng, 8 keping kerupuk udang yang sudah digoreng. Untuk membuat koya ini, haluskan kedua bahan tersebut hingga berbentuk bubuk halus. Tak perlu menambahkan garam atau penyedap. 

b. Setelah bahan siap, langkah kedua adalah memasak ayam. Pertama, tuang air ke dalam panci untuk merebus ayam, kemudian masak hingga mendidih. Setelah mendidih, buang busa yang mengambang di permukaan. Setelah itu, rebus lagi sampai daging ayam benar - benar matang dan empuk

c. Untuk membuat kuah pertama, panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas. Tumis hingga matang. Masukkan bumbu ke dalam panci berisi daging ayam, aduk perlahan sampai mendidih. Tambahkan gula dan garam secukupnya dan biarkan mendidih hingga beberapa saat. Koreksi rasa. Jika rasanya sudah pas, beri tambahan daun bawang dan aduk perlahan.

d. Setelah matang, ambil daging ayam, potong atau suwir sesuai selera, namun jangan sampai hancur. Untuk sisa tulang dan daging ayam, masukkan kembali ke dalam panci untuk dihangatkan bersama kuah soto, ini akan menambah kaya rasa soto ayam lamongan tersebut. Hidangkan soto ayam lamongan bersama koya selagi hangat. 

Untuk bahan tambahan seperti seledri, tomat, kubis tuge atau telur rebus bisa ditambahkan sesuai selera. Sajikan pula bersama nasi hangat dan kerupuk untuk rasa yang lebih enak. Sebenarnya, untuk koya juga opsional, karena di beberapa daerah ada yang menggunakan koya dan ada yang memlih tidak. Namun, koya memang akan menambah cita rasa soto dan menambah ras gurih kepda soto ayam lamongan. Sesuaikan dengan selera masing – masing.

Tukang Soto Jualan Pakai Apple Vision Pro Seharga Puluhan Juta

Tukang Soto Jualan Pakai Apple Vision Pro Seharga Puluhan Juta, Netizen Melongo

Rekaman video menunjukkan seorang Tukang Soto yang sedang berjualan dengan menggunakan Apple Vision Pro, dan video tersebut viral di media sosial. Begini penampakannya:

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024