4 Destinasi Kuliner Dunia yang Mengguncang Lidah

Peking, Makanan Khas dari Hong Kong
Sumber :
  • unsplash,com

VIVA –  Jika berkunjung ke suatu tempat atau negara pasti tertarik dengan wisata kulinernya. Destinasi kuliner dunia memang hal yang menarik dikunjungi. Makanan dengan cita rasa yang berbeda menjadi daya tarik setiap daerah maupun negara. Tidak heran jika para turis mencari tahu tentang makanan-makanan apa yang patut dicoba.

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

Destinasi kuliner memang menjadi daya tarik suatu tempat. Dengan makanan-makanan yang menarik juga dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung. Karena makanan merupakan bagian terbaik dari perjalanan. Bahkan, kamu dapat mengenal sejarah makanan dengan mencicipi hidangan lokal asli yang mungkin tidak sama jika di tempat lain. 

Empat destinasi kuliner dunia di bawah ini dapat masuk ke dalam list tempat yang wajib kamu kunjungi yang dilansir dari berbagai sumber. Simak di bawah ini. 

5 Negara dengan Perusahaan Domestik Terbanyak di Dunia, Cina Paling Unggul

1. Bangkok, Thailand

Pasar di Bangkok, Thailand

Photo :
  • pixabay
UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Destinasi kuliner dunia yang pertama adalah Bangkok, Thailand. Ada alasan mengapa Bangkok dianggap sebagai ibu kota makanan jalanan dunia. Meskipun makanan Thailand adalah favorit universal, tidak ada yang benar-benar otentik seperti makanan yang akan kamu harus cicipi di pasar jalanan Bangkok yang ramai.

Di jalanan Bangkok, aroma makanan yang baru dipanggang dan cita rasa khas Thailand menyambut Anda di setiap sudut. Kunjungan pasar untuk menjelajahi beragam masakan dan bahan-bahan unik adalah beberapa sorotan kami di Bangkok.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman kuliner kamu, disarankan untuk mengikuti tur kuliner Bangkok dengan pemandu lokal.

Menurut Authentic Food Quest, pastikan untuk menikmati pangsit Cina atau mie kepiting dan omelet tiram goreng di Pasar Chinatown, pasar akhir pekan Chatuchak, atau Pasar Wang Lang.

Jika kamu ingin belajar tentang metode memasak Thailand, mengikuti kelas memasak akan membuat kamu lebih dalam ke budaya lokal. Kelas memasak makanan jalanan ini membawa kamu ke Khlong Toei, pasar kota terbesar dan mengajari kamu cara membuat empat hidangan tradisional Thailand.

2. Hong Kong

Peking, Makanan Khas dari Hong Kong

Photo :
  • unsplash,com

Destinasi kuliner dunia selanjutnya adalah Hong Kong dengan lebih dari 11.000 restoran, Hong Kong dapat mempertaruhkan klaimnya untuk dinyatakan sebagai ibu kota kuliner Asia. Menurut Enchanting Travels, salah satu yang terkenal adalah masakan Kanton dan masakan Cina lainnya seperti Peking, Shanghainese dan Szechuan, hingga kolonial (sebagian besar Inggris), Jepang, Korea dan tradisi makanan Asia Tenggara. Hidangan paling populer di kota ini adalah dimsumnya, atau pangsit kukus dan gurih, yang telah diangkat menjadi bentuk seni dengan variasi seperti truffle har gau hitam (pangsit udang). Tak kalah populernya adalah egg tart dan teh susu ala Hong Kong, yang berasal dari masakan Inggris. Jadi, jika kamu ingin menghabiskan beberapa hari makan hidangan yang secara sempurna menggambarkan tradisi Timur hingga Barat, Hong Kong adalah destinasi kuliner yang wajib kamu kunjungi.

3. Tokyo, Jepang

Mie ramen asal Jepang.

Photo :
  • U-Report

Destinasi kuliner dunia yang ketiga datang dari negara yang memiliki aneka makanan yang terkenal bahkan sudah banyak restoran yang menjual makanan khas negri Jepang. Dilansir dari Enchanting Travels, pada tahun 2013, masakan tradisional Jepang, atau "washoku" ditambahkan oleh UNESCO ke dalam daftar Warisan Budaya Takbenda, masakan kedua yang diberikan kehormatan ini. Bagi orang Jepang, makanan adalah sarana untuk menjalin ikatan antara teman dan keluarga dan dipandang sebagai salah satu pilar masyarakat. Dan variasi masakannya, seperti sushi, ramen, dan Yakitori (sate ayam panggang) hingga daging sapi Wagyu Jepang yang sangat didambakan dan ketan yang ada di mana-mana. Faktanya, Tokyo memiliki lebih banyak tempat makan per mil persegi daripada New York dan lebih banyak bintang Michelin daripada kota lain mana pun di dunia. 

4. Lima, Peru

Makanan Ceviche dari Lima, Peru

Photo :
  • unsplash,com

Destinasi kuliner dunia yang terakhir adalah Lima, Peru. Lima, ibu kota gastronomi Amerika Selatan, menurut Authentic Food Quest, telah dianugerahi Destinasi Kuliner Terbaik di Dunia selama beberapa tahun berturut-turut. Sedemikian rupa sehingga Rosemary Kimani dan Claire Rouger menulis buku Authentic Food Quest Peru tentang cita rasa dan permata kuliner yang luar biasa.

Rumah bagi restoran bergengsi dan tempat makan lokal, perpaduan kuliner membuat masakan tetap menjadi sorotan dan tujuan kuliner favorit. Populasi multi-budaya dan pengaruh regional telah menciptakan cita rasa makanan yang semarak dan variasi resep yang unik dan telah meninggalkan bekas yang tak terhapuskan pada masakan.

Perjalanan ke Lima tidak lengkap tanpa menikmati ceviche segar, yang dianggap sebagai hidangan Lima. Cevicherias menawarkan mixto terbaik atau irisan tipis cumi, ikan, kerang dan gurita, dicuci dengan asam pisco Peru.

Dengan koki terkenal internasional yang menafsirkan resep tradisional dengan cara kontemporer, identitas Lima sebagai tujuan makanan utama semakin terjamin. Restoran seperti Central, Maido, dan Astrid y Gastón hanyalah beberapa nama yang secara konsisten meningkatkan masakan Peru ke tingkat yang lebih tinggi.

Salah satu cara terbaik untuk mencicipi makanan dan budaya Peru yang terkenal di dunia adalah dengan mengikuti tur kuliner di pusat bersejarah. Dengan lebih dari 13 perhentian makanan yang mencicipi klasik gastronomi Peru, kamu akan merasakan apa yang menjadikan Lima salah satu tujuan kuliner terbaik di dunia.

Itulah empat destinasi kuliner dunia yang terkenal nikmat di lidah. Untuk kamu yang tertarik dengan dunia kuliner pasti tempat ini sangat menarik dikunjungi. Jangan lupa untuk mengenal filosofi makanan tersebut agar dapat mengenal sejarah setempat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya