Resep Kue Cucur Lezat dan Anti Gagal

Kue Cucur
Sumber :

VIVA – Resep kue cucur menjadi salah satu resep yang banyak dicari orang karena rasa kuenya yang enak. Kue cucur menjadi kue khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Apalagi kue cucur bisa dimakan kapan saja dan cocok dimakan dimana saja karena bentuknya yang tidak terlalu besar. 

Terpopuler: Zaidul Akbar Bocorkan Resep Kaldu Ajaib hingga Fakta-fakta Unik Tentang Uzbekistan

Banyak memang kue cucur yang dijual di pasaran, namun tentunya resep kue cucur buatan sendiri akan lebih nikmat dan bahannya bisa dipilih sendiri untuk yang terbaik. Namun sebelum membaca resep kue cucur yang lezat, baiknya mengetahui apa itu kue cucur. 

Apa Itu Kue Cucur

Resep Gampang Masak Nugget Ayam di Rumah, Dijamin Anak Pasti Suka

Kue khas Manado cucur kueku dan dodol amurang

Photo :
  • VIVA / Renne

Kue Cucur atau juga biasa disebut Cucur, adalah jajanan khas suku Betawi yang berasal dari wilayah Jawa Barat. Kue Cucur memiliki bentuk yang cenderung tebal menggembung seperti gundukan pada bagian tengah dan tipis di bagian pinggirannya. 

Resep Gampang Masak Gulai Tunjang ala Restoran Padang di Rumah Sendiri

Namun ternyata kue cucur tak hanya ada di Indonesia, di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand juga bisa menemukan kue yang terbuat dari adonan tepung beras ini disajikan saat acara - acara tertentu.

Pada masyarakat Betawi, kue cucur selalu hadir dalam setiap perayaan adat seperti pernikahan, potong rambut bayi, lamaran dan acara lainnya. Namun berbeda di Thailand, kue ini biasanya diartikan dengan lambang cinta. Ini karena bentuknya yang seperti bunga Lotus yang diharapkan akan selalu tumbuh di pernikahan. Kue ini juga biasanya sering diberi sebagai hadiah pernikahan. 

Saat ini kue cucur juga bisa dijumpai dijual di berbagai toko kue baik toko kue tradisional hingga toko kue modern. Kue cucur juga bisa disantap dengan kue

Resep Kue Cucur

Kue Cucur

Photo :

Nah, untuk membuat kue cucur, pertama harus menyiapkan bahan sebagai berikut : 50 gram terigu, 250 gram tepung beras, 150 gram gula merah, 50 gram gula pasir, 400ml air, Vanili dan pandan secukupnya, garam sejumput, dan Minyak untuk menggoreng. 

Cara membuatnya pun mudah dan tidak perlu cetakan khusus. 

Langkah pertama, rebus lah gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan secara bersamaan. Masak hingga gula larut, lalu biarkan hangat.

Langkah kedua, campur tepung terigu dan tepung beras, lalu tuang larutan gula secara bertahap dan perlahan. Mixer dengan kecepatan rendah selama 5 menit. Jika tak ada mixer, bisa gunakan sendok sayur untuk mengaduk adonan. Aduk sampai bergelembung. 

Langkah ketiga, setelah semua tercampur, diamkan adonan selama kurang lebih empat jam.

Langkah keempat, goreng adonan menggunakan minyak dan dengan api sedang. Ketika menggorang, siram - siram bagian atas adonan dengan minyak supaya keluar rintik - rintiknya. Balik sebentar, lalu masak hingga matang. Kue cucur pun selesai dan siap untuk dinikmati.

Jika ingin bereksperimen dan bosan dengan kue cucur dengan gula merah, kue cucur pandan bisa menjadi solusinya. Tak sulit, pada langkah kedua, tinggal ganti gula merah dengan air pandan. Tambahkan juga daun pandan 10 - 12 lembar yang sudah lebih dulu diblender dengan air 300 ml. Lalu tinggal rebus gula, air pandan, dan garam hingga mendidih, lalu ikuti langkah selanjutnya seperti di atas. Selamat mencoba. 

Kue Cucur Pandan Legit.

Photo :
  • U-Report
Milk Bun

Milk Bun Viral Thailand Tanpa Mixer Sekali Jadi! Resep Rahasia Tasyi Athasyia Terungkap!

Buat kamu yang mau buat milk bun viral Thailand bisa nih buatnya tanpa mixer. Seperti apa cara buatnya? yuk intip resepnya dari Tasya Athasyia

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024